Susu Kambing Etawah, Berkhasiat untuk Perawatan Kecantikan

Senin, 28 Desember 2020, 16:28 WIB

Karena molekulnya yang lebih kecil membuat kandungan susu kambing mudah diserap oleh kulit. Itulah yang membuat banyak produk kecantikan dan perawatan kulit | Sumber Foto:Dok AGRONET

AGRONET -- Susu merupakan salah satu asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan kalsium dan fosfor yang terdapat dalam susu sudah lama dipercaya berguna bagi pertumbuhan tulang dan gigi. Bukan hanya itu, berbagai macam vitamin dan kandungan lainnya yang terdapat pada susu juga tidak kalah bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Sejauh ini, susu sapi masih menjadi produk susu hewani yang menjadi favorit di kalangan masyarakat. Namun terdapat produk susu hewani lain yang tidak kalah bermanfaat bagi kesehatan, yaitu susu kambing etawa. Susu ini tidak lain diperoleh dari hasil persilangan kambing lokal Lumajang dengan kambing Menggolo, yang kemudian sering disebut dengan kambing etawa.

Kambing Etawa atau yang sering dikenal dengan Peranakan Etawa merupakan kambing hasil perkawinan silang antara kambing Jamnapari dari India dengan kambing lokal Indonesia. Satu ekor dari Kambing Etawa yang berkualitas bisa mencapai harga ratusan juta rupiah. Dari harganya sudah terbayang betapa berkualitasnya produk yang dihasilkan.

Meskipun tidak begitu populer, susu kambing etawa mempunyai nutrisi yang tidak boleh disepelekan begitu saja. Susu kambing etawa diketahui mempunyai kandungan selenium, seng, tembaga, potasium, fosfor, magnesium, riboflavin, dan berbagai macam vitamin yang baik untuk tubuh. Berbagai kandungan susu kambing etawa ini pun dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit, terutama yang berhubungan dengan sistem pencernaan, hinga gangguan kesehatan tulang.

BERITA TERKAIT

Kandungan susu kambing berbeda dibandingkan dengan susu sapi. Susu kambing memiliki kandungan asam lemak rantai panjang lebih sedikit daripada susu sapi. Hal ini memudahkan susu kambing mudah untuk dicerna. Selain itu, susu kambing juga mengandung beberapa mineral yang dibutuhkan oleh kulit seperti vitamin B, Thiamin, Niacin, Vitamin C, selenium dan juga seng. Dari beberapa mineral yang terkandung tersebut maka kita bisa mendapatkan manfaat susu kambing untuk kecantikan. Molekulnya yang lebih kecil dibandingkan susu sapi membuat kandungan pada susu kambing lebih mudah terserap oleh kulit.

Kandungan mineral seperti vitamin C, niacin, thiamin, vitamin B, selenium dan seng juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan. Karena molekulnya yang lebih kecil, membuat kandungan susu kambing mudah diserap oleh kulit. Itulah yang membuat banyak produk kecantikan dan perawatan kulit berbahan dasar dari susu kambing, mulai dari sabun mandi, sabun wajah, lulur, dan lain-lain. 

Melembutkan dan melembabkan kulit

Manfaat susu kambing untuk kecantikan yang pertama adalah membantu melembutkan dan melembabkan kulit. Hal ini karena susu kambing mengandung PH yang setara dengan kulit yang akan membuat kulit nampak lembab dan lembut. Cara mendapatkan manfaat susu kambing untuk kecantikan adalah dengan menggunakan masker susu kambing secara rutin misal 3 kali dalam seminggu.

Meregenerasi kulit

Kandungan Alphha Hidroxy dalam susu kambing berguna untuk memberantas sel kulit mati serta mampu mempercepat proses regenerasi kulit. Berkat kadnungan tersebut manfaat susu kambing untuk kecantikan adalah meregenerasi kulit. Susu kambing dapat membuat sel-sel kulit mati hilang, serta pergantian sel kulit baru akan menjadi cepat sehingga kulit anda akan lebih cantik, lembut dan halus.

Melembutkan kulit kering

Susu kambing juga mengandung anti pembengkakan yang bisa melembutkan kulit kering dan kulit yang rusak. Ada pula kandungan trigliserid yang bertindak sebagai pelembap alami kulit. Selain itu, tingkat pH pada susu kambing bisa mencegah kulit kering dan bisa melindungi kulit dengan nutrisi

Mengatasi jerawat

Manfaat susu kambing untuk kecantikan lainnya adalah membantu mengatasi jerawat. Mengaplikasikan susu kambing pada wajah bisa mengatasi masalah jerawat yang disebabkan oleh bakteri. Hal in karena susu kambing mengandung alpha hydroxy acid alami, yang merupakan elemen exfoliant alami yang menghilangkan sel-sel kulit mati dari kulit.

Oleh karena itu, manfaat susu kambing secara tidak langsung juga mampu memperbaiki kulit berjerawat. Vitamin yang terkandung pada susu kambing memiliki beberapa sifat anti-peradangan yang dapat membantu mengurangi kemerahan jerawat. Kandungan beberapa zat aktif dalam formula sabun susu kambing mampu mengatasi dengan optimal gejala-gejala jerawat kemudian menghilangkan secara alami flek-flek bekas jerawat.

Sebagai eksfoliasi

Kandungan Alpha-hydroxyl Acid (AHA) pada susu kambing bisa mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit akan tampak lebih sehat dan cerah. Bahkan, ini juga bisa menghilangkan noda pada wajah.

Mengatasi kulit keriput

Kandungan niasin yang terdapat di dalam susu kambing juga berperan membantu kulit agar tidak keriput. Niasin merupakan vitamin B3 yang dibutuhkan kulit untuk menjaga dan memperbaiki kulit keriput menjadi lebih halus dan lembut. Artinya, manfaat susu kambing untuk kecantikan bisa mengatasi kulit keriput.

Membantu menjaga produksi minyak di dalam kulit

Manfaat susu kambing untuk kecantikan selanjutnya adalah menjaga produksi minyak di kulit. Kandungan seng di dalam susu kambing membantu kulit untuk tetap mampu menjaga kulit dari kekurangan atau kelebihan produksi minyak. Akibatnya, kulit yang biasa memakai lulur susu kambing tidak mudah berminyak.

Menjaga dan memperbaiki lapisan terluar kulit

Susu kambing mengandung niasin yang berfungsi melindungi bagian epidermis kulit. Dalam hal ini manfaat susu kambing untuk kecantikan adalah menjaga dan memperbaiki lapisan terluar kulit. Lapisan atau jaringan epidermis kulit adalah jaringan terluar kulit yang berfungsi melindungi jaringan di bawahnya. Akibatnya, kulit bagian luar tidak mudah rusak dan keriput.

Mencerahkan kulit

Manfaat susu kambing selain untuk melembutkan kulit, juga digunakan secara luas untuk mencerahkan kulit. Susu Kambing cocok untuk kulit kering, sensitif, eksim, psoriasis. Sabun susu kambing cocok untuk orang yang mempunyai jenis kulit kering atau sensitif, atau juga mempunyai masalah kulit seperti eksim dan psoriasis. Formula yang terdapat dalam susu kambing mampu menetralisir kulit dari kekeringan dan juga bisa menormalkan kulit yang cenderung berminyak. susu kambing juga diyakini mengandung bahan alami yang bisa mengatasi kulit akibat tersengat sinar matahari terutama untuk kulit pada iklim tropis. Penggunaan susu kambing secara rutin bisa mencegah kulit kasar, kering dan kusam.

Mencegah kanker

Susu mengandung mineral yang penting bagi kesehatan kulit. Selain itu, mineral yang terkandung dalam susu kambing diyakini mampu mengatasi kulit rusak dan mencegah kanker kulit.

Mencegah penuaan dini

Tanda penuaan dini dapat dilihat mulai ada kerut dibagian dahi, pipi, mata dan punggung tangan yang mulai kerut dan kering, penuaan dini terjadi karena kolagen yang juga mulai berkurang. Manfaat susu kambing untuk kecantikan salah satunya bisa membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Caranya adalah dengan melakukan perawatan secara turin masker menggunakan susu kambing atau yogurt susu kambing.

Meski manfaat susu kambing untuk kecantikan cukup banyak. Namun, sebaiknya susu kambing tidak diaplikasikan secara langsung ke kulit. Meskipun susu kambing murni merupakan bahan alami yang baik untuk tubuh, tapi untuk diaplikasikan langsung ke kulit perlu proses yang lebih panjang. Lebih baik susu tersebut melalui proses terlebih dahulu. Jika digunakan untuk kecantikan, ada susu kambing yang telah diekstraksi sehingga tidak menghilangkan nutrisi susu kambing secara keseluruhan.

Pemanfaatan susu kambing untuk kecantikan yang telah diekstraksi sudah banyak beredar dalam bentuk produk-produk kecantikan. Misalnya body lotion, body scrub, sabun mandi, body wash, hingga lulur. Selan itu, jika masih ragu apakah susu kambing aman digunakan untuk kecantikan, disarankan melakukan pengetesan pada kulit terlebih dahulu. Tujuannya untuk mengetahui apakah kulit seseorang cocok atau tidak dengan susu kambing yang akan digunakan. (234)

BERITA TERKAIT