"Miracle Tree" Tanaman Kelor, Efektif Mengobati Diabetes Melitus

Selasa, 05 Januari 2021, 10:45 WIB

Tanaman Kelor mendapat julukan Miracle Tree atau The Tree of Life karena manfaatnya yang sangat besar bagi kesehatan. | Sumber Foto:Dok IPB

AGRONET -- Moringa oleifera atau daun kelor adalah tanaman yang berasal dari India Utara. Tanaman ini telah dikenal memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan selama ribuan tahun. Kelor kaya akan antioksidan sehat dan senyawa tanaman bioaktif. Hampir seluruh bagian dari tanaman ini bisa dimakan atau dijadikan ramuan obat herbal tradisional. Di negara barat, daun kering dijual sebagai suplemen makanan, baik dalam bentuk bubuk maupun kapsul.

Tanaman kelor kaya akan antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang bekerja melawan radikal bebas di tubuh. Kadar radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. 

Selain itu, antioksidan yang kuat juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ekstrak daun kelor juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan, sehingga meningkatkan umur simpan daging dengan mengurangi oksidasi.

Dari sisi ilmu gizi, kandungan gizi tanaman kelor tidak terbantahkan lagi. Tanaman kelor bahkan banyak digunakan dalam program-program pengentasan masalah gizi. Tanaman kelor juga sudah sangat akrab dengan masyarakat Indonesia. Akan tetapi masih banyak masyarakat yang belum tertarik untuk membudidayakan tanaman yang kaya manfaat tersebut. 

BERITA TERKAIT

“Tanaman Kelor mendapat julukan Miracle Tree atau The Tree of Life karena manfaatnya yang sangat besar bagi kesehatan. Dalam kuantitas yang sama yakni 100 gram, vitamin C pada tanaman kelor tujuh kali lebih banyak dari jeruk, kandungan vitamin A empat kali lebih banyak dari wortel, kalsiumnya empat kali lebih banyak dari susu, kaliumnya tiga kali lebih banyak dari pisang dan kandungan protein dua kali lebih banyak dari telur,” ujar Prof Dr Yusman Syaukat saat menjadi moderator webinar di IPB melalui Zoom Meeting bertajuk Kelor Bagi Kesejahteraan Masyarakat pada Rabu (30/12).

Air rebusan daun kelor efektif mengobati penyakit diabetes melitus.

Penyakit diabetes melitus atau yang kerap dikenal sebagai kencing manis bisa menyerang siapa saja. Penyakit diabetes melitus disebabkan karena glukosa tidak bisa diserap oleh sel tubuh sehingga terjadi penumpukan. Bila dibiarkan, penyakit diabetes melitus bisa meningkatkan risiko munculnya penyakit komplikasi.  Penyakit diabetes melitus dipicu oleh sejumlah faktor seperti gaya hidup tidak sehat, riwayat keluarga, menderita tekanan darah tinggi, dan kadar kolesterol baik rendah. 

Daun kelor memiliki sifat antidiabetik, hal inilah yang membuat daun kelor dipercaya efektif mengobati diabetes melitus.  Meski bisa menurunkan kadar gula dalam darah, para penderita diabetes melitus tidak boleh sembarangan mengonsumsi daun kelor. Sebab ada aturan meracik dan konsumsi agar daun kelor efektif membasmi penyakit diabetes melitus. 

Adapun cara membuat obat herbal daun kelor untuk obat diabetes melitus.  Cuci 10 - 15 lembar daun kelor sampai bersih. Lalu, rebus 3 gelas air dan daun kelor sampai mendidih hingga menyisahkan air sekitar 1 gelas.  Saring air rebusan daun kelor tersebut. Kemudian minum ramuan herbal tersebut selagi hangat secara sekaligus.  Lakukan tiga kali sehari selama satu bulan.

Selain minum ramuan herbal ini, sebaiknya jalankan pola hidup sehat agar penyakit diabetes melitus tidak lagi kambuh.(234)

BERITA TERKAIT