Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil dan menyusui

Selasa, 30 Maret 2021, 09:21 WIB

Susu kedelai mempunyai sederet manfaat yang luar biasa untuk ibu hamil dan menyusui. | Sumber Foto:Dok Istimewa

AGRONET-- Ibu hamil dan menyusui perlu banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Karena, kesehatan janin dan bayi sangat bergantung pada kecukupan gizi sang ibu. 

BERITA TERKAIT

Salah satu asupan yang baik adalah susu kedelai. Susu kedelai merupakan susu nabati yang paling terkenal. Manfaat kedelai sendiri sangat banyak dan bisa dikonsumsi dari rentang usia yang luas. Tak hanya itu, manfaat susu kedelai juga bisa menjadi nutrisi pengganti terbaik bagi balita atau orang yang memiliki lactose intolerant atau alergi susu sapi. 

Susu kedelai sejak lama merupakan minuman yang disarankan oleh banyak ahli untuk ibu menyusui. Sebab, susu kedelai bisa membuat ASI lebih deras. Namun, memang ada kekhawatiran khususnya bagi mereka yang tidak cocok dengan susu kedelai yaitu alergi. Banyak tubuh wanita yang menolak khasiat susu kedelai. Itulah kenapa sampai saat ini, manfaat susu kedelai untuk ibu hamil masih diperdebatkan. 

Meski begitu, susu kedelai mempunyai sederet manfaat yang luar biasa untuk ibu hamil dan menyusui. Minum susu kedelai bisa jadi cara untuk membantu memenuhi asupan protein yang memang setiap hari yang dibutuhkan, tak hanya untuk menjaga tubuh berfungsi secara normal tetapi juga untuk mendukung proses laktasi. Selain itu, bayi pun membutuhkan protein dari ASI untuk perkembangannya.

Manfaat lain susu kedelai bagi ibu hamil dan menyusui antara lain:

1. Sebagai sumber protein.

Kedelai adalah salah satu sumber protein terbaik. Kandungan sembilan asam amino yang ada dalam susu kedelai sangat vital untuk kesehatan ibu hamil. Memasukkan lebih banyak protein dalam menu diet juga merupakan kunci saat masa kehamilan.

2. Perkembangan sistem saraf bayi.

Sebagian besar ibu hamil diminta untuk mengonsumsi suplemen asam folat selama kehamilan. Asam folat diketahui dapat membantu perkembangan sistem saraf pada bayi. Salah satu sumber asam folat adalah susu kedelai.

3. Vitamin membantu pertumbuhan bayi.

Susu kedelai kaya akan berbagai vitamin, mulai dari vitamin A, B1, dan E. Tak cuma menjadi ibu hamil tetap sehat, tapi vitamin-vitamin itu juga membantu pertumbuhan bayi dalam janin.

4. Menjaga energi ibu hamil.

Manfaat susu kedel berikutnya adalah untuk menjaga energi tubuh ibu hamil. Susu kedelai dikenal dengan kandungan karbohidratnya. Kandungan itu sangat penting untuk menjaga tingkat energi wanita hamil tetap stabil.

5. Memelihara Daya Tahan Tubuh

Salah satu fungsi susu kedelai lainnya adalah membantu memelihara daya tahan tubuh. Ibu yang sedang hamil dan menyusui memang membutuhkan imunitas tubuh yang lebih baik. 

Hindari efek samping susu kedelai

Namun begitu, walaupun memiliki banyak manfaat, susu kedelai juga memiliki efek samping bagi ibu hamil. Beberapa efek susu kedelai pada ibu hamil. Susu kedelai mengandung asam fitat yang bermanfaat sekaligus berbahaya bagi wanita hamil. Di satu sisi, asam fitat bisa mengurangi penyerapan beberapa logam berbahaya. Namun di sisi lain, asam fitat juga menghalangi penyerapan mineral esensial seperti kalsium, zat besi, dan zync yang dibutuhkan ibu hamil.

Hal lain yang perlu diperhatikan, rendah lemak adalah salah satu sisi positif susu kedelai. Namun, perlu dicatat bahwa seorang ibu hamil membutuhkan kolesterol baik untuk memproduksi progesteron, estrogen, dan vitamin D. Susu kedelai juga mengandung isoflavon yang dapat meniru estrogen dalam tubuh manusia. Mengonsumsi banyak isoflavon dapat berdampak pada perkembangan bayi dalam janin. Selain itu, isoflavon juga dapat menyebabkan migrain pada wanita hamil.

Susu kedelai juga akan menimbulkan dampak yang berbeda pada setiap wanita. Beberapa wanita hamil bakal merasakan reaksi alergi akibat susu kedelai lewat ruam, muntah-muntah, dan peradangan.

Melihat kejadian tersebut, ada baiknya kamu mengkonsultasikan pada dokter terlebih dahulu.(234)

BERITA TERKAIT