Blewah, Bukan Sekedar Penyegar Buka Puasa

Rabu, 05 Mei 2021, 10:19 WIB

Selain menyegarkan ternyata Blewah (cucumis melo var cantalupensis) juga memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. | Sumber Foto:Dok AGRONET

AGRONET -- Setelah sehari penuh menahan dahaga saat berpuasa, berbuka dengan minuman dingin pasti akan sangat menyegarkan. Es Blewah merupakan salah satu menu minuman yang populer dihidangkan saat berbuka puasa. 

Blewah bisa diserut jika akan dijadikan minuman segar, dinikmati dengan ditambahkan sirup atau gula. Atau juga bisa dipotong dan dinikmati secara langsung.

Selain menyegarkan ternyata Blewah (cucumis melo var cantalupensis) juga memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah yang bentuk luarnya mirip labu ini, memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung nutrisi dan gizi di antaranya sebagai sumber serat, zat antioksidan, zat beta karoten, potasium, magnesium, sumber vitamin A, vitamin B, dan menjadi sumber vitamin C.

Berikut beberapa manfaat buah blewah bagi kesehatan tubuh :

1. Kekebalan tubuh

Blewah merupakan buah yang kaya kandungan vitamin A dan vitamin C. Selain itu, buah ini kaya phytochemical dan karoten yang berguna dalam memerangi radikal bebas.

Vitamin C sering dikaitkan dengan berbagai macam buah-buahan. Vitamin yang satu ini merupakan satu di antara vitamin yang paling penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, berbagai macam vitamin yang ada dalam blewah dapat menangkal berbagai radikal bebas yang biasanya menjadi sumber penyakit dan merangsang prduksi sel darah putih.

Berbagai kandungan tersebut dapat membantu sel darah putih dalam melindungi tubuh dari berbagai macam virus dan bakteri yang dapat menimbulkan penyakit.

2. Menjaga dari dehidrasi, kecemasan dan stress

Sekitar 90 persen kandungan dalam blewah adalah air, sehingga buah ini dapat menjauhkan kita dari dehidrasi akibat kekurangan asupan cairan dalam tubuh.

Menjaga agar tubuh memiliki asupan cairan secara rutin adalah hal yang cukup penting, karena hal tersebut berkaitan dengan kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tekanan darah juga akan menjadi lebih stabil dan ginjal tetap terjaga kesehatannya, ketika memiliki asupan cairan yang cukup.

Satu di antara nutrisi penting yang terkandung dalam blewah adalah kalium, dan berkhasiat sebagai vasodilator membuatnya penting dalam menghilangkan kecemasan dan ketegangan. Vasodilatasi mengacu pada pelebaran pembuluh darah sehingga membuat peredaran darah ke seluruh tubuh menjadi lebih mudah. 

Ketika pembuluh darah mengecil, hal tersebut menyebabkan tekanan darah meningkat. Kondisi tersebut dapat merangsang pelepasan kortisol, hormon yang dapat menyebabkan stres.

3. Melancarkan pencernaan

Buah blewah kaya kandungan serat makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan, terutama dalam proses pembuangan limbah atau kotoram dalam tubuh. Selain itu, Blewah juga memiliki manfaat mendetoksifikasi tubuh, dan membantu usus mencerna makanan dengan baik.

Serat juga dapat mengurangi gangguan sembelit dan menjadikan buang air besar lebih dapat diatur. Aliran makanan yang teratur dan lancar melalui saluran pencernaan dapat mengurangi risiko kanker kolorektal. Hal tersebut juga dapat membantu mencegah banyak masalah pencernaan lainnya. 

4. Kesehatan kulit

Buah-buahan yang berwarna oranye seperti wortel, ubi jalar, labu dan tentu saja blewah, merupakan sumber karotenoid tinggi. Karotenoid atau pigmen organik tumbuhan, bisa mengurangi risiko kanker kulit. Karotenoid juga berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan kerusakan yang terkait dengan sengatan matahari. Pigmen karotenoid mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit termasuk garis-garis halus, perubahan warna, dan keriput. Jadi dengan makan buah blewah secara rutin, dapat menjadikan wajah dan kulit tetap awet muda.

Blewah mengandung vitamin A, satu di antara vitamin yang baik untuk kulit karena dapat merangsang selaput sel kulit, yang penting untuk perbaikan dan pertumbuhan kulit. Vitamin ini dapat melindungi membran sel kulit dari gangguan zat berbahaya yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. 

5. Mencegah kanker

Buah blewah mengandung banyak sumber antioksidan flavonoid, seperti beta karoten, lutein, zea-xanthin dan cryptoxanthin. Zat antioksidan tersebut, berperan melindungi tubuh serta sel dan struktur tubuh lainnya dari kerusakan tekanan DNA.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa buah blewah bermanfaat untuk mencegah kanker pada seluruh bagian tubuh karena kandungan antioksidannya.

6. Rendah kalori

Pada 100 gram buah blewah, kandungan kalorinya hanya sebesar 60 kalori. Kandungan kalori yang rendah itu menjadikan blewah cocok untuk diet rendah kalori.(234- dari berbagai sumber)

BERITA TERKAIT