Black Sapote, Buah Langka Rasa Puding Cokelat Penangkal Kanker

Selasa, 08 Juni 2021, 13:12 WIB

Black Sapote sudah selayaknya masuk di dalam daftar menu sehat sehari-hari sebagai salah satu upaya untuk mencegah atau setidaknya meminimalisir penyakit kanker. | Sumber Foto:Dok Istimewa

AGRONET -- Black sapote atau sawo hitam adalah buah yang cukup unik. Bahkan keberadaannya kini mulai langka, sehingga cukup sulit ditemui di pasaran. Namun di balik tampilan yang hitam itu, buah ini kaya manfaat.

Black sapote memiliki nama ilmiah Diospyros Dygina berasal dari Meksiko Timur, Amerika Tengah dan Colombia. Nama black sapote pasti belum familiar di telinga sebagian masyarakat. Padahal manfaat sawo hitam ini tidak kalah dibandingkan buah lainnya. Buah yang dagingnya berwarna hitam ini sejatinya termasuk dalam keluarga beri-berian.

Sama seperti buah umumnya, Black Sapote atau sawo hitam juga membawa sejumlah manfaat bagi tubuh. Secara umum, black sapote terlihat seperti buah tomat dari kemasan luar dengan warna hijau tua. Namun ketika dibelah, daging buah ini berwarna cokelat dan rasanya mirip puding cokelat ini.

Khasiat sawo hitam tersebut tak lepas dari kandungan sejumlah zat di dalamnya, yaitu: Vitamin A Vitamin C Kalsium Potasium Zat Besi.

BERITA TERKAIT

Beberapa manfaat buah Black Sapote bagi tubuh yaitu membantu pembentukan otot, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan tulang dan gigi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meminimalisir resiko Kanker, mengatasi tekanan darah tinggi, meminimalisir resiko penyakit jantung, sumber energi dan  membantu produksi sel darah merah.

Sawo hitam sudah selayaknya masuk di dalam daftar menu sehat sehari-hari sebagai salah satu upaya untuk mencegah atau setidaknya meminimalisir penyakit kanker. Manfaat black sapote untuk mencegah kanker ini dihasilkan oleh kandungan vitamin C.

Vitamin C merupakan vitamin yang memiliki sifat antioksidan. Antioksidan berfungsi untuk merawat kesehatan sel tubuh dan membantu menangkal serangan radikal bebas yang menjadi penyebab utama penyakit kanker.

Polifenol dalam buah sawo hitam memiliki sifat antioksidan, antiradang dan antikanker. Ketika sawo hitam dimakan secara teratur dengan berbagai makanan sehat lainnya, kandungan polifenol dalam sawo dapat membantu mematikan pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

Selain untuk mencegah penyakit kanker, vitamin C juga memiliki peran penting dalam mencegah penyakit kardiovaskular yakni jantung. Vitamin C bekerja dengan cara menurunkan kadar lemak LDL alias kolesterol ‘jahat’. Sebagaimana diketahui, tingginya kadar kolesterol menjadi salah satu penyebab utama dari penyakit jantung.

Pada Black Sapote terdapat kandungan mineral berupa potasium. Salah satu fungsi dari potasium adalah untuk menjaga agar tekanan darah tetap berada pada angka yang normal. Rutin makan buah sawo hitam akan menjaga tekanan darah. Pada setiap 100 gram buah black sapote, terdapat setidaknya 80 kalori yang mana hal ini dihasilkan oleh karbohidrat. Hal tersebut lantas menghasilkan manfaat black sapote sebagai sumber energi bagi tubuh.

Manfaat lain dari buah Black Sapote adalah membantu produksi sel darah merah. Ini tak lepas dari adanya kandungan zat besi di dalam buah tersebut. Oleh sebab itu, buah ini seringkali dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dikarenakan kebutuhan akan darah pada masa kehamilan mengalami peningkatan. Kekurangan darah dapat membahayakan ibu dan juga janin yang dikandungnya.

Secara umum, black sapote terlihat seperti buah tomat dari kemasan luar dengan warna hijau tua. Namun ketika dibelah, daging buah ini berwarna cokelat dan rasanya manis namun ringan. Karena masih langka, harga di pasaran black sapote tergolong mahal.

Langkanya buah ini disebabkan oleh kebanyakan petani yang saat ini hanya menanam Black Sapote di dalam pot. Minimnya bibit pohon, permodalan, hingga lahan menjadi kendala pembudidayaan. Alhasil harga black sapote saat ini masih tergolong tinggi.(234)

BERITA TERKAIT