10 Tanaman Herbal yang Diyakini Mampu Cegah Corona

Rabu, 07 Juli 2021, 19:35 WIB

Beberapa tanaman herbal yang dipercaya mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh guna melawan infeksi. | Sumber Foto:Dok Ilustrasi AGRONET

AGRONET --  Corona masih menjadi penyakit yang belum bisa diprediksi kapan akan berhenti. Para peneliti mencoba berbagai macam cara dan mencoba mencegahnya dengan vaksin covid. Hal yang bisa dilakukan masyarakat adalah menjaga diri dengan melaksanakan protokol kesehatan di tengah pandemi covid serta melakukan berbagai cara untuk meningkatkan imun tubuh dan menjaga kesehatan diri.

Sistem imun tubuh harus tetap terjaga di tengah pandemi corona. Ada banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari mengonsumsi makanan bergizi hingga menjaga stamina dengan olahraga. Sebagian orang mengonsumsi obat herbal agar daya tahan tubuh tetap optimal saat pandemi covid.

Tanaman herbal merupakan tanaman atau tumbuhan yang memiliki nilai lebih dalam pengobatan. Dalam hal mencegah virus corona, tanaman herbal berperan bukan sebagai obat, melainkan sebagai peningkat sistem imunitas tubuh. Sejauh ini, ada beberapa tanaman yang dipercaya mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh guna melawan infeksi.

Berikut beberapa tanaman herbal yang diyakini mampu meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah virus dan melawan infeksi yang terjadi:

Jahe Merah

Selain ampuh dalam melegakan tenggorokan dan sistem pernapasan, beberapa kandungan dalam jahe merah diklaim ampuh dalam membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jahe merah memiliki kandungan senyawa aktif gingerol yang bisa mencegah dampak virus corona. 

Bawang Putih

Mengonsumsi bawang putih diyakini memberikan manfaat mencegah datangnya penyakit covid. Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, bawang putih termasuk dalam kategori superfood dan bisa dipakai untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Bawang putih memiliki kandungan antimikrobakteri, antibiotik, dan antiinflamsi.

Selain itu, bawang putih juga dapat meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh. Hal tersebut membuat bawang putih sangat cocok dipakai sebagai obat herbal di tengah pandemi corona. Mengonsumsi bawang putih dapat dilakukan dengan menambah jumlahnya di masakan yang disajikan.

Kencur

Kencur merupakan salah satu tanaman herbal yang berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hampir sama dengan jahe, kencur juga mampu membantu sistem pernapasan agar dapat melakukan fungsinya dengan baik. Berkaitan dengan hal tersebut, kencur bekerja dengan meningkatkan sel-sel spleen dan peritoneal yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas pada tubuh.

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang kerap dijadikan sebagai bahan pewarna alami. Dengan tampilan khasnya yang berwarna kuning, kunyit mengandung tinggi antioksidan dan kurkumin pada kunyit mampu meningkatkan daya tahan tubuh guna membantu mencegah virus corona.

Temulawak

Temulawak sekilas memiliki penampilan yang mirip dengan kunyit. Bukan hanya tampilannya saja, temulawak juga memiliki peran yang sama dengan kunyit dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh. Dengan kandungan antioksidan tinggi di dalamnya, mengonsumsi tanaman herbal yang satu ini secara rutin mampu mencegah tubuh terserang virus dan penyakit lain.

Cengkeh

Cengkeh dipercaya sebagai tanaman herbal yang memiliki sejuta manfaat. Selain kerap kali digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan, cengkeh ternyata mampu membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kuncup bunga pada cengkeh disinyalir mengandung senyawa yang dapat meningkatkan jumlah sel darah, serta ampuh dalam membersihkan racun berbahaya dalam tubuh.

Biji Bunga Matahari

Obat herbal lain  yang bisa dicoba untuk menghadang virus corona adalah biji bunga matahari. Biji bunga matahari kaya akan vitamin E dan nutrisi.

Biji bunga matahari juga memiliki kandungan selenium yang dapat dipakai untuk melawan beberapa jenis kanker. Tentu saja daya tahan tubuh juga ikut meningkat karena kandungan itu sehingga tubuh menjadi lebih siap menghadapi covid.

Antioksidan juga terkandung dalam biji bunga matahari yang mampu melawan zat racun dalam tubuh. Biji bunga matahari dapay dikonsumsi dengan cara mencampurnya di salad atau makanan segar lainnya. 

Kayu Manis

Sejak ribuan tahun lalu, kayu manis sudah dipakai sebagai obat herbal untuk menjaga sistem imun. Hal itu dikarenakan adanya antioksidan dalam kayu manis.

Selain menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi covid, kayu manis juga dikonsumsi karena memiliki efek anti-diabetes dan mengurangi resiko penyakit jantung.

Daun Kelor

Kandungan asam amino dan antioksidan di dalamnya membuat daun kelor dipercaya mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Bukan hanya itu saja, antioksidan dan kalori yang rendah pada daun kelor dipercaya mampu menghambat perkembangan mikroorganisme atau patogen penyebab penyakit dalam tubuh.

Jinten Hitam

Tanaman herbal yang terakhir adalah jinten hitam, yang memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan di dalamnya. Selain mampu mengurangi peradangan dalam tubuh, jinten hitam juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (234)