Mengenal dan Membuat Ratu Lebah

Kamis, 14 November 2019, 20:52 WIB

Lebah ratu ialah lebah yang memiliki tanggung jawab dalam proses reproduksi dalam koloni lebah madu. | Sumber Foto:Dok Istimewa

AGRONET --  Ratu lebah merupakan pemimpin koloni lebah madu. Boleh dibilang kalau kunci kesuksesan membudidayakan lebah madu terletak pada pemeliharaan si ratu lebah tersebut. Ratu lebah harus dirawat dengan sebaik-baiknya. Jika sampai ratu lebah ini meninggalkan stup milik Anda, maka seluruh koloninya pun akan ikut meninggalkan sarang untuk mengikuti ratu lebah. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengenali ratu lebah.

Ratu lebah ialah lebah yang memiliki tanggung jawab dalam proses reproduksi dalam koloni lebah madu. Lebah ratu berjenis kelamin betina. Dia merupakan satu-satunya lebah betina yang melakukan proses perkawinan. Dengan kata lain, ratu lebah  juga merupakan satu-satunya lebah betina yang mampu bertelur.

Ciri-ciri  ratu lebah  antara lain :

    BERITA TERKAIT

  1. Ratu lebah memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada lebah pekerja.
  2. Ukuran panjang tubuh  ratu lebah satu setengah kali panjang tubuh lebah pekerja.
  3. Tubuh lebah ratu didominasi dengan warna hitam kecokelatan dan lebih gelap.
  4. Ratu lebah mampu bertahan hidup hingga usianya mencapai 4-5 tahun.
  5. Setiap hari, lebah ratu dapat menghasilkan telur hingga sebanyak 2.000 butir.
  6. Ratu lebah hanya mengonsumsi royal jelly di sepanjang hidupnya.

Setiap koloni  lebah madu  terdiri atas satu ratu lebah dan beberapa lebah pekerja. Lebah ratu bertugas untuk memproduksi telur-telur. Sedangkan lebah pekerja yang akan melayani semua kebutuhan lebah ratu, termasuk mencari makanan. Kemudian ada pula lebah pejantan yang menjaga keamanan sarang serta melakukan perkawinan dengan ratu lebah . Lebah-lebah ini senantiasa akan melakukan tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Pada kondisi tertentu akan terjadi pertarungan antara ratu lebah yang memperebutkan tahta tertinggi sarang. Keadaan ini terjadi manakala seekor lebah ratu melahirkan lebah ratu baru. Lalu lebah ratu yang sudah dikawini lebah pejantan ini kembali ke sarang. Lebah ratu baru ini kemudian berusaha menempati sarang induknya. Lantas lebah ratu lama tidak ambil diam. Dia berusaha melawan serangan lebah ratu baru menggunakan sengatnya.

Tidak sama seperti lebah pekerja, sengat lebah ratu ini tidak akan terlepas sehingga dapat digunakan untuk menyengat berkali-kali. Perkelahian antara lebah ratu lama dan lebah ratu baru ini terus berlangsung sampai diperoleh siapa pemenangnya. Khusus untuk lebah ratu yang kalah terpaksa harus keluar dari  sarang lebah madu  dan meninggalkannya. Kepergian lebah ratu dari sarang ini biasanya diikuti pula oleh sebagian lebah pekerja untuk membuat koloni baru.

Berkat penelitian yang panjang, kini sudah ditemukan hasil bahwa kelahiran ratu lebah ini juga bisa dibantu oleh manusia. Kita bisa mempengaruhi agar suatu larva tumbuh menjadi ratu lebah dan bukan lebah pekerja. Hal ini tentu menjadi sebuah kabar gembira bagi peternak lebah madu khususnya. Dengan banyaknya lebah ratu yang dimiliki, maka kita juga dapat mempunyai banyak koloni lebah madu.

Cara membuat calon ratu lebah :
    • Ambil seekor larva lebah madu yang baru menetas kurang dari 24 jam.
    • Masukkan larva lebah madu tadi ke dalam satu potong frame royal jelly.
    • Frame royal jelly tadi lantas diletakkan di kotak super yaitu kotak yang berisi koloni lebah madu minimal 2 tingkat.
    • Pastikan larva calon lebah madu ditempatkan di kotak atas, sedangkan kotak berisi lebah ratu ada di kotak bawah.
    • Pasang penyekat di antara dua kotak tersebut agar ratu lebah tidak bisa mendekati calon ratu lebah ratu dan melakukan serangan.
    • Biarkan kotak berisi calon lebah ratu setidaknya selama 11 hari sampai kondisinya berubah menjadi kepompong.
    • Setelah 11 hari berlalu, kepompong calon ratu lebah dipindahkan ke kotak yang belum mempunyai lebah ratu.
    • Ratu lebah  akan keluar dari kepompong sekitar 13 hari kemudian. Lebah tersebut akan langsung diangkat menjadi lebah ratu oleh para lebah pekerja.
    • Ratu lebah ini biasanya sudah siap melakukan tanggung jawabnya setelah seminggu kemudian.

Semakin banyak jumlah ratu lebah akan semakin bagus karena semakin banyak pula jumlah lebah pekerja yang bakal melayani ratu lebah. Mudah bukan?  Selamat mencoba.(234)

 

BERITA TERKAIT