Tips Memilih Bibit Jeruk Berkualitas

Jumat, 22 November 2019, 10:18 WIB

Pilih bibit dengan teliti agar tanaman buah jeruk menghasilkan buah yang sehat dan berkualitas. | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET -- Buah jeruk adalah buah yang populer dan banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia.   Jika anda ingin menanam buah jeruk, maka anda harus memilih bibit  jeruk yang berkualitas. 

Kesalahan memilih bibit akan mengakibatkan pemeliharaan tanaman sulit dilakukan secara optimal karena pertumbuhan tanaman di lapang sering lambat dan bahkan berhenti. Selain itu, kesalahan memilih bibit sering menimbulkan kekecewaan justru pada saat pohon mulai berbuah karena jenis yang ditanam tidak seperti yang diharapkan.

Ciri-ciri bibit jeruk yang berkualitas  :

  1. Bibit jeruk berkualitas memiliki batang tegap, daun yang sehat dan akar serabut yang cukup.
  2. Bibit jeruk berkualitas juga masih berusia muda, yaitu berumur sekitar enam bulan.
  3. Bibit jeruk yang berkualitas mengalami dua kali fase pertumbuhan.
  4. Tinggi okulasi dari bibit jeruk berkualitas adalah 20 cm.

Bibit yang kurang bagus akan berakibat fatal, bukan hanya kerugian ekonomi saja akan tetapi juga kerugian tenaga serta waktu. Untuk itu maka beberapa hal berikut ini perlu Anda perhatikan manakala hendak membeli bibit jeruk.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli bibit jeruk :

  1. Perhatikan daunnya
    Langkah pertama yang harus dilihat pada bibit yang baik, memiliki warna daun hijau cerah atau puncaknya berwarna hijau atau merah muda. Manakala sedang stagnan, maka daunnya tetap terlihat dan segar. Untuk itu, ketika hendak membeli bibit, terlebih dahulu lihatlah bagaimana daunnya. Apakah kondisinya bagus atau tidak.
    Selain itu, bandingkan juga ukuran daunnya. Apakah tampak besar atau justru mengecil. Perhatikan juga apakah terdapat bekas serangan hama atau penyakit.
  2. Perhatikan bagian batang
    Tips kedua saat membeli bibit jeruk maka perlu diperhatikan juga bekas sambungan bibit. Jika ternyata terdapat benjolan di sambungan menandakan tidak adanya ketidakcocokan antara batang bawah dengan batang atas. Batang atas harus tegak menghadap ke atas dan tidak boleh bengkok atau menunduk ke bawah.
  3. Perhatikan bagian akar
    Selain daun dan batang bibit. Perhatikan juga media tanam yang digunakan pada bibit tersebut. Apakah campuran yang digunakan,  bisa juga dicoba untuk membongkar apakah terdapat akar serabut. Bibit buah yang subur, rasanya penuh akan akar serabut.
  4. Perhatikan bagian buahnya
    Hal terakhir yang harus diperhatikan yaitu pada bagian buahnya. Lihatlah apakah sudah berbuah atau belum. Kemudian perhatikan juga, apakah daunnya rontok dan bentuk buahnya sempurna atau tidak. Bibit buah yang bagus memiliki bentuk buah sempurna. Yaitu bentuk buah yang tidak berulat dan tidak mengecil serta warna buahnya cerah.

Pilih bibit  dengan teliti agar  tanaman buah jeruk  menghasilkan buah yang sehat dan berkualitas. (234)