Mengatasi Kolam Ikan Koi yang Berbusa

Rabu, 15 Januari 2020, 08:24 WIB

Salah satu kendala memelihara ikan koi adalah ketika mendapati bahwa air di dalam kolam tiba tiba berbusa. | Sumber Foto:Dok Istimewa

AGRONET --  Ikan koi menjadi  salah satu jenis ikan hias yang banyak diminati sebagai ikan peliharaan. Ikan koi merupakan jenis ikan yang memiliki daya tarik corak dan warna yang menarik dibandingkan ikan-ikan lainnya. Selama merawat dan memelihara ikan koi tentu akan ada beberapa kendala muncul, salah satunya adalah ketika mendapati bahwa air di dalam kolam tiba tiba berbusa.

Berikut beberapa penyebab air kolam ikan koi berbusa dan cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi kondisi tersebut :

  1. Air kolam yang tercemar

Penyebab pertama yang dapat menjadikan air kolam koi menjadi berbusa dan tentunya berbahaya bagi ikan koi adalah karena air kolam yang tercemar. Pencemaran air kolam dapat terjadi ketika ada bagian cairan seperti detergen yang secara tidak sengaja masuk ke dalam kolam dan mencemarinya. Untuk dapat mengatasi kondisi tersebut maka air kolam yang tercemar harus diganti dan kolam ikan koi perlu untuk dikuras keseluruhannya dengan terlebih dahulu memindahkan ikan ikan koi yang ada di dalam kolam. 

  1. Kadar DOC yang tinggi 

Penyebab air kolam ikan koi berbusa lainnya yang juga perlu diperhatikan oleh setiap pemilik ikan adalah karena adanya kadar Dissolved Organic Compound  (DOC) yang terlalu tinggi di dalam kolam. Kadar DOC merupakan kumpulan sisa pakan dari ikan koi dan urin yang dihasilkan oleh ikan sebagai kotoran yang dapat menyebabkan munculnya busa dan pencemaran pada air kolam. Untuk menurunkan kadar DOC dalam kolam dapat dilakukan dengan cara memasang protein skimmer, menggunakan filter kolam yang lebih baik, dan melakukan pengantian air kolam secara berkala. 

  1. Kadar CO2 yang tinggi

Penyebab lain munculnya busa adalah karena kadar CO2 yang juga cukup tinggi atau mengalami peningkatan di dalam kolam. Peningkatan kadar CO2 yang tinggi tersebut banyak disebabkan karena kematian plankton yang terlalu banyak. Kadar CO2 tersebut akan mempengaruhi air kolam dan menjadikannya keruh serta pekat. Penggunaan filter dan pengantian air kolam secara berkala merupakan langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. 

  1. Munculnya fenomena ledakan alga

Penyebab air kolam ikan koi berbusa lain adalah karena munculnya fenomena ledakan alga pada kolam. Fenomena ledakan alga tersebut seringkali terjadi pada awal awal pembuatan kolam ikan koi akibat pemupukan yang terlalu berlebihan atau over dosis sehingga alga dapat tumbuh secara tidak terkendali dan memenuhi seluruh kolam dan menyebabkan air kolam berbusa. Untuk dapat mencegahnya, pastikan pemupukan kolam tidak berlebihan.

  1. Penggaraman berlebihan

Selain kondisi pemupukan yang berlebihan, penggaraman yang dilakukan pada air kolam ikan koi juga dapat menyebabkan munculnya air kolam yang berbusa. Peningkatan kadar oksigen di dalam air kolam dapat membantu mencegah munculnya busa. 

Demikian penjelasan mengenai penyebab air kolam ikan koi berbusa yang perlu diperhatikan setiap pemiliki ikan koi dan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.(234)

BERITA TERKAIT