Membuat Sendiri Pupuk Kompos dari Sampah Rumah Tangga

Selasa, 28 Januari 2020, 11:14 WIB

Kita dapat membuat sendiri pupuk kompos dari sampah rumah tangga dengan mudah. | Sumber Foto:Dok Istimewa

AGRONET -- Bagi yang mempunyai hobi bercocok tanam di rumah,  tentu tahu bahwa pupuk organik atau kompos diperlukan tumbuhan agar bisa tumbuh subur. Pupuk yang kita butuhkan, tidak harus didapatkan dengan membeli. Kita dapat membuat sendiri pupuk kompos dari sampah rumah tangga dengan mudah.

Jika Anda tertarik untuk membuat sendiri pupuk kompos, sebelumnya perlu mengetahui terlebih  dahulu, sampah-sampah  yang bisa dimanfaatkan sebagai pupuk kompos dan yang tidak.  Tidak semua sampah rumah tangga bisa menjadi bahan dasar untuk dijadikan pupuk organik. Sampah yang dapat diolah menjadi pupuk kompos antara lain : sampah sisa makanan mulai dari sayur-sayuran hingga daging busuk, kertas bekas maupun tisu yang sudah tak terpakai lagi, dedaunan serta rumput, potongan kayu, bumbu dapur kadaluarsa, bulu hewan yang rontok, debu yang biasanya terkumpul dari belakang lemari dan lainnya, potongan rambut, hingga kotoran hewan peliharaan.

Beberapa sampah rumah tangga, meskipun bersifat bisa didaur ulang namun tidak bisa digunakan sebagai bahan dasar pupuk kompos misalnya:  minyak goreng, tumbuhan yang terkenan penyakit, kertas kado metalik, cacang walnut,  boks minuman yang dilapisi bahan metal, kaca dan juga boks kardus makanan bertekstur greasy (seperti boks pizza). Bahan-bahan ini mesti dipisahkan terlebih dahulu sebelum tercampur.

Setelah menyiapkan sampah rumah tangga yang akan dijadikan bahan dasar pupuk kompos, siapkan peralatan dan bahan lain yang diperlukan. Kemudian ikuti cara sederhana membuat pupuk kompos berikut ini:

  1. Pisahkan sampah organik (sisa makanan/dedaunan) dengan sampah plastik. Sampah organiklah yang nantinya akan digunakan sebagai pupuk kompos.
  2. Siapkan wadah berukuran besar untuk membuat pupuk kompos. Jangan lupa bahwa wadah harus dilengkapi dengan penutup agar pupuk yang dibuat tidak akan terkontaminasi.
  3. Masukkan tanah secukupnya ke dalam wadah yang telah diisi dengan sampah organik. Ketebalannya bisa Anda sesuaikan dengan wadah dan banyaknya sampah organik.
  4. Siram permukaan tanah tersebut menggunakan air secukupnya.
  5. Masukkan sampah organik yang sudah disiapkan ke dalam wadah.
  6. Pastikan sampah disimpan secara merata. Sebisa mungkin ketebalan sampah setara dengan ketebalan tanah
  7. Masukkan lagi tanah ke dalam wadah. Kali ini tanah berperan sebagai penutup sampah.
  8. Tutup wadah dengan rapat dan biarkan sekitar tiga minggu.

Saat membuat pupuk kompos sendiri di rumah, pastikan wadah pembuat pupuk kompos tidak terkontaminasi oleh air hujan dan hewan. Dan  pastikan juga wadah tak terkena paparan sinar matahari.

Kalau semuanya sudah dilakukan, hasil olahan sampah rumah tangga tersebut sudah bisa langsung digunakan sebagai pupuk organik untuk bercocok tanam di rumah. Kita bukan hanya berhemat tidak perlu membeli pupuk tetapi mendapatkan keuntungan lain dari pengolahan sampah. Langkah nyata mencintai bumi. (234)

BERITA TERKAIT