Tips Merebus Telur Agar Mudah Dikupas

Kamis, 19 Maret 2020, 10:29 WIB

Air dingin yang suhunya meningkat sedikit demi sedikit saat merebus telur, akan membuat telur matang namun tidak retak. | Sumber Foto:Dok AGRONET

AGRONET --  Banyak orang yang kesulitan mengupas telur rebus. Seringkali hasilnya rusak dan telur tidak bulat utuh. Banyak yang terbuang karena daging telor menempel di kulit telor dan tidak jarang pula yang mengeluh tangannya tergores kulit telor. Itulah sebabnya sebagian orang malas melakukan pekerjaan mengupas telur rebus. Ternyata tidak semudah yang dibayangkan.

Ada beberapa tips yang bisa diikuti dalam merebus telur agar saat mengupas telur  menjadi lebih mudah, telur tidak mudah rusak dan mendapatkan hasil yang sempurna.  Tidak begitu berbeda dengan cara merebus telur seperti biasa, hanya menambah beberapa bahan dan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Masukkan telur dalam satu baris jangan sampai menumpuk, di dalam panci yang berisi air dingin. Tutup panci tersebut, namun tetap diberi lubang agar uap bisa keluar.

2. Nyalakan api jangan terlalu besar, cukup dinyalakan sedang dan biarkan air mendidih perlahan. Air dingin yang suhunya meningkat sedikit demi sedikit, akan membuat telur matang namun tidak retak.

3.  Tambahkan 1 sendok makan cuka atau garam setengah sendok teh ke dalam air untuk menjaga agar putih telur tetap utuh dan tidak sampai habis bila ternyata cangkangnya retak saat memasak. Jika khawatir cuka tersebut akan mempengaruhi rasa telur, kurangi takaran cuka. Fungsi garam juga dapat mencegah cangkang retak serta membuat cangkang telur lebih mudah dikupas nantinya.

4. Kurangi panas sedikit demi sedikit ketika telur sudah mulai matang, sehingga temperatur telur tetap terjaga. Biarkan setidaknya 10-15 menit sampai airnya dingin.

Setelah melalui proses merebus telur di atas, biasanya mengupas telur tidak akan sulit lagi untuk dilakukan.

Masukkan telur ke dalam air dingin jika tersedia tambahkan es batu dan biarkan sampai cangkangnya benar-benar dingin. Jika terburu-buru, ganti air yang sudah hangat akibat telur, sampai airnya benar-benar dingin. Telur lebih mudah dikupas dalam keadaan dingin.

Telur yang sudah dikupas, sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup. Telur rebus masih bisa bertahan selama 5 hari untuk dikonsumsi, bila disimpan di dalam lemari es. Pastikan telur tersimpan di dalam wadah tertutup sehingga tidak terkontaminasi bakteri.(234)