Membuat Kolam Terpal

Senin, 29 Juni 2020, 15:51 WIB

Sebagai standard ukuran untuk membuat kolam sederhana ini, peternak dapat menggunakan ukuran 2 x 3 x 1 m untuk ukuran kecil. Sedangkan untuk ukuran yang lebih besar dan jumlah ikan yang juga lebih banyak, kita dapat menggunakan ukuran 4 x 5 x 1 m. | Sumber Foto:Dok Istimewa

AGRONET -- Di lahan yang sempit, kolam terpal tetap bisa menjadi pilihan yang efektif untuk memulai budidaya ikan. Dengan efisiensi lahan, peternak dapat dengan mudah mengontrol usaha pembudidayaan ikan yang letaknya dapat disesuaikan dengan tempat tinggal peternak.

Kolam terpal terdiri dari dua jenis yaitu kolam terpal di atas permukaan tanah dan kolam terpal di bawah permukaan tanah. Kolam terpal sederhana dapat langsung dibuat di atas tanah. Kolam jenis ini biasa disebut kolam di atas permukaan tanah. Kolam terpal jenis ini dapat dibuat tanpa membuat lubang atau menggali tanah untuk memberikan volume.

Namun demikian, cara membuat kolam jenis ini akan membutuhkan kerangka yang berfungsi sebagai penampung airnya. Kerangka dapat dibuat dari beberapa bahan. Umumnya, kerangka dibuat dari bahan besi, bambu, pipa, atau bata.

Untuk kolam di bawah permukaan tanah, kita perlu membuat lubang dengan cara menggali tanahnya untuk tempat mengisi airnya.

Cara Membuat Kolam Terpal Bundar yang Baik

Cara membuat kolam terpal di atas permukaan tanah ini dapat dilakukan dengan dua teknik. Cara pertama adalah dengan membuat lubang untuk seluruh debit air. Cara ini adalah cara yang sederhana karena nantinya, kolam dapat langsung di lapis dengan terpal dan kemudian diisi air.

Sedangkan cara kedua adalah dengan membuat lubang untuk sebagian volume saja. Cara ini membutuhkan kerangka dan dinilai kurang efisien.

Berikut adalah cara singkat pembuatan kolam terpal sederhana untuk memelhara lele, ikan nila atau ikan lainya.

  1. Buat pasak bambu untuk melingkari petakan kolam.
  2. Pasang pasak melintang dengan bambu yang dibelah untuk menguatkan pasang sudut.
  3. Pasang terpal yang tepinya telah dikaitkan dengan ring dari logam.
  4. Pasang pipa untuk salurang air dan pembuangan.
  5. Isi dengan air dan biarkan hingga bau terpal hilang sebelum mengisi dengan ikan.

Luas Kolam Terpal yang Ideal.

Sebagai standard ukuran untuk membuat kolam sederhana ini, peternak dapat menggunakan ukuran 2 x 3 x 1 m untuk ukuran kecil. Sedangkan untuk ukuran yang lebih besar dan jumlah ikan yang juga lebih banyak, kita dapat menggunakan ukuran 4 x 5 x 1 m. Ukuran tersebut cukup ideal dan telah banyak digunakan untuk pembudidayaan ikan nila dan ikan-ikan lainnya. Kesehatan ikan dirasa cukup dengan ukuran tersebut. Namun demikian, kita juga perlu memahami kuantitas bibit yang harus di sebar untuk kedua ukuran. Terlalu rapat bibit ikan tidak akan berhasil baik karena ikan memerlukan ruang gerak dan oksigen yang cukup.(234)

BERITA TERKAIT