Cara Memegang Kelinci yang Benar

Jumat, 10 Juli 2020, 08:54 WIB

Kelinci adalah hewan rapuh yang harus dipegang dengan hati-hati. | Sumber Foto:Dok Istimewa

AGRONET  -- Dalam pemeliharaan kelinci, Anda harus mengetahui cara penanganannya, salah satunya seperti cara memegang serta mengangkat kelinci. Memegang kelinci yang benar akan membuat kelinci nyaman dan tidak berontak.  

Kelinci adalah hewan rapuh yang harus dipegang dengan hati-hati. Akibatnya, jika tidak pegang dengan baik, kelinci yang memberontak dapat mematahkan tulang mereka sendiri. cara merawat kelinci dengan baik juga berkaitan dengan cara memegangnya.

Banyak orang yang mengangkat atau menggendong kelinci dengan memegang telinganya. Namun cara tersebut salah besar. Jangan pernah mengangkat kelinci di telinganya karena akan merusak jaringan telinga kelinci disamping menimbulkan rasa sakit pada kelinci.

Kelinci mempuyai telinga yang panjang yang berfungsi untuk mendengarkan predator yang mendekat ataupun suara yang lain. Pendengaran kelinci sangat tajam, melebihi pendengaran manusia. Dengan telinga yang panjang, kelinci dapat mendengarkan suara dari arah manapun. Telinga kelinci dapat bergerak secara mandiri. Satu sama lain bisa ke arah yang berbeda. Selain itu, telinga kelinci ternyata juga berfungsi sebagai pengatur panas tubuhnya saat memasuki musim dingin. 

Cara memegang kelinci hendaknya yang benar agar kelinci tidak kesakitan. Harus erat dan hati-hati karena kelinci sering berontak bila tidak merasa aman dan nyaman.

  • Kelinci yang masih muda dapat dipegang langsung pada pinggangnya erat-erat.
  • Kelinci dewasa dipegang dengan cara memegang kulit bagian tengkuknya erat-erat dengan tangan kanan dan pada saat yang bersamaan tangan bagian kiri menyangga badan. Untuk mengambil kelinci, letakkan satu tangan di bawah bagian depan kelinci dan tangan lainnya di bawah punggungnya. 
  • Kemudian diangkat dan dibalik sehingga bagian perut kelinci ada di atas. Tangan kiri kita memegang bagian belakang, dekat dengan ekor kelinci sehingga mirip seperti menggendong bayi.
  • Angkat dengan hati-hati dengan kedua tangan dan bawa ke tubuh Anda. Jangan biarkan tubuh kelinci menggantung bebas, jangan pernah mengangkat perut.
  • Agar saat dipegang atau digendong kelinci tidak berontak, perlakukan kelinci selayaknya keluarga anda sendiri, seperti di elus-elus dengan kasih sayang. Kelinci mempunyai insting alami apabila mereka diperlakukan secara kasar tentu mereka juga akan kasar dan lari. 

Seperti hewan peliharaan lainnya, kelinci juga memiliki preferensi individu tentang di mana ia suka disentuh. Yiatu sekitar mata, telinga, bagian atas hidung, bagian atas kepala, dan bagian belakang. Mereka akan menikmatinya jika bagian bagian-bagian tersebut dibelai. 

Kelinci tidak memiliki kemampuan untuk memuntahkan atau membatukkan bola rambut seperti kucing, jadi cobalah untuk menghilangkan bulu yang rontok ketika ada kesempatan untuk melakukannya.(234)

BERITA TERKAIT