Cara Alami Mematangkan Mangga Lebih Cepat

Selasa, 21 Juli 2020, 20:17 WIB

Suhu hangat yang ada di dalam beras akan mempercepat proses kematangan mangga. | Sumber Foto:Dok AGRONET

AGRONET -- Ketika musim mangga tiba, seperti saat ini, akan ada banyak mangga yang bisa dibeli atau tinggal dipetik bagi yang memiliki pohonnya. Jika Anda tak sabar ingin makan mangga tapi buah mangga yang dibeli, dipetik atau jatuh dari pohonnya ternyata belum matang, Anda perlu membuat mangga tersebut agar lebih cepat matang.

Agar buah mangga bisa matang dengan cepat, saat memetiknya dari pohon, Anda perlu memperhatikan buah mangga yang sudah siap dipetik. Usahakan untuk memetik atau memilih buah mangga yang sudah tua dan siap untuk dimatangkan. Buah mangga yang sudah siap dimatangkan berwarna hijau gelap dan seolah ada selaput putih di kulit mangga. Beberapa jenis mangga kulitnya akan menjadi kekuning-kuningan.

Ada cara-cara unik dan simpel yang tentunya bisa Anda praktekkan untuk membuat mangga lebih cepat matang. Dengan begitu kita tidak perlu berlama-lama menunggu untuk menikmati mangga manis. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Masukkan di Dalam Penyimpanan Beras

Untuk membuat mangga cepat matang, manfaatkan beras. Peram buah mangga dengan cara dimasukkan di dalam butiran beras dan biarkan selama 1-2 hari hingga menjadi empuk dan matang. Lebih bagus jika tempat mengeram mangga berada di tempat tertutup dan tidak terkena sinar matahari langsung. Suhu hangat yang ada di dalam beras akan mempercepat proses kematangan mangga tersebut. Mangga muda dijamin akan matang lebih cepat dan sempurna. 

2. Simpan di Tempat Gelap

Untuk membuat buah mangga matang dengan cepat, usahakan untuk menyimpan buah mangga di tempat gelap dan tertutup. Dengan menyimpan buah mangga di tempat gelap, hal ini dipercaya bisa membuat buah mangga lebih mudah matang.

3. Gunakan Kantong Kertas

Penggunaan paper bag alias kantong kertas ternyata punya banyak manfaat selain sifatnya yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah dapat mempercepat kematangan buah. Caranya pun tidak perlu susah-susah, Anda hanya perlu menyimpan mangga muda ke dalam kantong kertas dan menaruhnya di tempat gelap dalam rentang waktu 1-2 hari.

Kantong kertas memiliki sifat yang sama dengan beras, yaitu dapat menyimpan suhu hangat yang dibutuhkan oleh buah untuk mempercepat proses kematangan. 

Jangan gunakan kantong plastik karena kantong plastik justru membuat buah mangga tidak bisa menyerap udara segar. Udara segar ini tentu saja dibutuhkan untuk membuat buah mangga tetap segar saat disantap

4. Campur dengan Mangga yang Matang

Menggabungkan mangga muda dengan mangga yang sudah matang dalam satu tempat penyimpanan, ternyata bisa mempercepat proses kematangan mangga muda. Hal ini disebabkan, saat mangga muda dan tua digabungkan akan terjadi reaksi kimia. Reaksi kimia atau oksidasi ini mempengaruhi mangga yang muda sehingga ikut matang. Tapi perlu diperhatikan jangan terlalu lama menyimpan mangga karena malah bisa busuk.

Itulah beberapa cara mematangkan buah mangga dengan cepat dan tetap manis serta sehat. Tapi perlu diIngat, hanya buah mangga yang siap petik dan tua yang memiliki rasa lebih manis. Mangga muda yang disimpan, beberapa mungkin akan manis, tapi tak semanis dibanding mangga yang sudah tua. Semoga informasi ini bermanfaat (234)