Memilih Benih Tomat untuk Budidaya

Kamis, 22 Oktober 2020, 19:19 WIB

Tomat termasuk tanaman buah yang banyak ditanam termasuk di pekarangan rumah dengan lahan terbatas. | Sumber Foto:Dok Istimewa

AGRONET -- Tomat merupakan salah satu jenis tanaman sayuran ini terkenal dengan kandungan nutrisinya yang melimpah. Selain itu, tomat dapat diolah menjadi berbagai macam masakan, mulai dari jus, saus, pelengkap garang asem, dan lain lain. Selain dibuat sebagai masakan, ternyata tomat juga memiliki khasiat yang bagus untuk merawat kulit wajah, lho. Jenis tomat sendiri pun sangat beragam, mulai dari tomat sayur, tomat buah, tomat ceri, dan banyak lagi.

Tomat termasuk tanaman buah yang banyak ditanam di segala dataran. Umurnya dalam satu musim hanya 4 bulan  Tanaman tomat bisa tumbuh di segala media. Mulai dari lahan sawah, tegal, pekarangan, sampai pekarangan rumah yang terbatas. Tanaman tomat juga bisa ditanam pada pekarangan rumah yang sangat terbatas.

Budidaya tanam tomat bisa melalui biji dengan metode tanaman buah dalam pot (tabulampot). Ada pula beberapa orang yang menerapkan cara menanam tomat dengan sistem hidroponik. 

Untuk mendapatkan tanaman tomat yang sehat dan menghasilkan buah yang banyak, maka kita harus paham memilih benih unggulan. Caranya kita perlu menentukan terlebih dahulu jenis tomat apa yang hendak ditanam. Setelah itu kita dapat membeli benih tomat yang masih berupa biji tomat yang kemudian dapat kita semaikan sendiri di rumah. 

Ciri-ciri bibit buah tomat yang berkualitas adalah sebagai berikut :

  • Bibit berasal dari buah yang benar-benar matang
  • Buah yang dipilih harus berukuran besar dari yang lainnya
  • Buah tidak memiliki cacat sedikitpun
  • Pilih bibit tomat yang saat direndam tidak terapung

Adapun langkah-langkah dalam memilih bibit yang berkualitas, adalah  sebagai berikut :

  • Pertama yang perlu anda lakukan memilih bibit yang memiliki masa pertumbuhan seragam maksudnya saat anda sekali sebarkan bibit tanaman dapat tumbuh bersamaan.
  • Selanjutnya anda harus memilih bibit yang dapat tahan terhadapa perubahan iklim yang tak bisa diduga
  • Berikutnya bibit yang berkualitas adalah bibit yang dapat tumbuh lebih cepat dari bibit biasa
  • Bibit yang berkulitas adalah bibit yang memiliki akar tanaman banyak dari akar primer ataupun akar sekunder
  • Pilih tanaman yang tahan saat dipindahkan kelahan lain dapat hidup karena banyak tanaman baru yang mudah mati saat dipindahkan kelahan lain
  • Bibit tanaman yang berkualitas adalah bibit yang dapat tahan terhadapa serangan penyakit maupun hama.

Setelah kita dapatkan benih tomat, lakukan tahapan budidaya selanjutnya. Semaikan benih tersebut pada media semai. Tergantung dimana buah tomat akan dibudidayakan. Bisa di tanah pekarangan, polybag atau dalam pot. (234)