Tips Membuat Warna Ikan Arwana Super Red Mejadi Lebih Merah

Senin, 23 November 2020, 10:26 WIB

Warna merah yang cerah Ikan Arwana Super Red, membuat terpesona orang yang melihatnya. | Sumber Foto:Dok Istimewa

AGRONET -- Ikan Arwana dipercaya masyarakat di China sebagai salah satu hewan pembawa keberuntungan. Ciri-cirinya memiliki kekhasan tertentu dan mudah dikenali, mulai dari bentuknya yang panjang, sisiknya dan matanya yang bulat besar serta variasi warnanya yang cukup menarik.

Ikan ini adalah spesies ikan air tawar dari keluarga Osteoglossidae yang telah ada sejak zaman kapur (zaman Crestaceous) sekitar 252 hingga 65 juta tahun yang lalu. Populasinya berada di berbagai belahan dunia seperti Amerika Selatan, Asia, dan Afrika dengan bentuknya yang panjang, warna-warna khas dan memiliki sisik bak seekor naga. 

Ada banyak jenis Ikan Arwana, diantaranya adalah Super Red yang banyak meraih hati penikmat ikan hias dari seluruh dunia. 

Dari keseluruhan jenis ikan lokal Super Red memiliki kasta tertinggi. Dari segi tampilan aja ikan ini sudah cukup menyita perhatian, sehingga pantas jika mendapat apresiasi harga yang fantastik.

BERITA TERKAIT

Bila kita melihat warna merahnya yang cerah, matanya yang bulat besar, kumis serta sisiknya yang berkilauan bak seekor naga yang anggun ketika ia berenang, Membuat orang yang melihatnya terpesona. Tak heran banyak orang yang tertarik untuk memeliharanya. 

Warna merah pada Arwana Super Red akan semakin merah dan menyala dengan suatu tindakan dalam pemeliharaan Ikan Arwana yang disebut Tanning. Yaitu sebuah metode untuk mengubah warna kulit ikan Arwana Super Red dari warna asli, menjadi lebih kemerahan dan berwarna cerah. Tanning selain digunakan sebagai pengganti sinar matahari juga baik untuk perkembangan ikan.

Caranya, ikan Arwana Super Red  dipisahkan terlebih dahulu dari kolam lalu dimasukan ke dalam aquarium dengan kedalaman air tertentu, biasanya sesuai dengan ukuran panjang dan lebar lampu tanning yang digunakan, Agar hasil tanning lebih optimal dan dianggap lebih aman untuk kesehatan ikan, terutama terhindar dari penyakit Drop Eyes (DE) pada ikan Arwana Super Red/

Lampu tanning yang digunakan biasanya dalam satu box terdiri dari 4 buah bohlam dengan panjang 1-1.20 meter. Jenis lampu yang dipergunakan untuk tanning biasanya para peternak ikan Arwana Super Red menggunakan lampu neon panjang yang berwarna kuning.

Ukuran Ikan yang akan di tanning juga tidak sembarang ikan. Biasanya dipilih yang berukuran minimal 20 cm dengan warna dasar putih atau polos.

Sebelum tanning ikan ini juga dibiarkan beradaptasi dulu dengan aquarium selama kurang lebih dua hari. Kemudian dalam menyalakan lampu tanning juga musti bertahap, biar ikannya gak kaget, tunggu beberapa menit kemudian nyalakan satu persatu hingga semua lampu menyala.

Untuk mentanning ikan arwana Super Red sebaiknya gunakan background aquarium berwarna putih polos, agar tampilan lebih jernih dan ikan terlihat lebih bersih serta sedap dipandang, namun semua itu tergantung selera, ada juga yang menggunakan warna lain seperti hitam atau biru.

Hindari background berwarna hitam saat melakukan tanning karena Arwana Super Red akan terlihat berwarna kegelapan atau merah gosong, terkecuali jika hal ini memang diinginkan pemilik.

Dalam penempatan lampu tanning sebaiknya diletakan di satu bagian disisi samping aquarium. Lampu tanning biasanya dikaitkan dengan hook yang ditempel langsung ke kaca aquarium.

Penggunaan arus buatan dalam aquarium dengan tujuan memanjangkan ekor atau dayung ikan Arwana dinilai kurang tepat karena sesungguhnya panjang pendeknya ekor dan sirip ikan Arwana lebih dipengaruhi oleh genetika.(234)

 

BERITA TERKAIT