Tips Membeli dan Memilih Cumi

Kamis, 11 Pebruari 2021, 09:39 WIB

Membedakan cumi yang masih segar dan sudah lama membutuhkan ketelatenan. | Sumber Foto:Dok Istimewa

AGRONET - Cumi-cumi merupakan salah satu makanan laut yang digemari banyak orang dan terbilang istimewa karena semua jenis bahan makanan yang berasal dari laut dkenal memiliki rasa yang spesial. Penting sekali menyantap ikan dan seafood termasuk cumi-cumi yang segar. Selain rasa, kesegaran cumi-cumi mempengaruhi kesehatan orang yang menyantap.  Maka dalam proses pemilihan cumi-cumi tidak boleh sembarangan. 

Perhatikan ketika memilih atau membeli cumi di pasar, karena saat ini banyak sekali bahan makanan dari laut tidak dalam keadaan segar. Cumi merupakan salah satu seafood yang bisa diolah dan menghasilkan menu makanan yang lezat dan spesial. Cumi bisa diolah menjadi menu apapun dengan bumbu yang beragam. Namun, di sisi lain memilih cumi tidaklah mudah. Karena membedakan cumi yang masih segar dan sudah lama membutuhkan ketelatenan.

Ketika memilih cumi ada hal yang harus benar-benar diperhatikan agar tidak salah pilih ketika membelinya. Ketahui tips memilih cumi yang segar agar menghasilkan makanan yang sehat dan bergizi. Di bawah ini tips penting membeli atau memilih cumi segar.

Memilih cumi yang segar ternyata tak terlalu susah. Cumi-cumi segar ditandai dengan bagian tubuhnya yang masih utuh. Tubuh dan kepala cumi segar masih menyatu.

Perhatikan mata cumi. Cumi yang segar matanya masih cukup jernih. Selain itu tubuhnya juga mengilap, tintanya belum keluar, dan berwarna keunguan atau putih dengan sedikit titik-titik hitam. Hindari cumi yang tampak kuyu dan tidak menarik warnanya, kusam dan keabu-abuan. Jangan salah membedakan dengan cumi yang berkulit luar kehitaman. Cumi dengan kulit alami gelap akan tetap tampak putih segar jika kulit arinya dikupas.

BERITA TERKAIT

Cumi yang segar masih mengeluarkan banyak tinta. Cumi segar mengeluarkan bau amis yang sewajarnya dan tak terlalu menyengat.  Pilih cumi yang punya bau laut yang segar. Hindari juga cumi yang baunya menyengat, terlalu amis atau bahkan bau busuk. Tidak ada salahnya memegang dan mencoba membaunya untuk lebih meyakinkan diri.

Saat memilih cumi-cumi hindari mengambil cumi-cumi yang sudah lembek dan beraroma menyengat, karena itu tanda cumi-cumi yang sudah tidak segar. Daging cumi yang segar masih terasa kenyal jika ditekan dengan jari. Jangan pilih cumi yang kulit arinya sudah terkelupas atau rusak, karena ini tanda cumi sudah tak segar. Pilih cumi yang kulit terluarnya tidak robek dan hancur, masih utuh dan tidak mudah rusak ketika dicubit.

Sebisa mungkin hindari memilih cumi yang warna kulit arinya sudah berubah ungu tua, apalagi jika bagian tentakelnya berwarna kekuningan dan sudah robek. Ini adalah ciri-ciri cumi yang hampir busuk. Pilih cumi yang punya tekstur padat namun kenyal dan kesat. Jangan membeli yang berair, apalagi berlendir. Ini tanda cumi sudah tidak segar.

Ingat, bahan makanan yang berkualitas akan menghasilkan masakan yang lezat. Semoga tips ini bermanfaat. 

BERITA TERKAIT