Merawat Bayi Hamster yang Baru Lahir

Jumat, 24 September 2021, 15:30 WIB

Jangan menyentuh bayi hamster, karena ini sangat berpotensi untuk menyebabkan stress pada bayi hamster. | Sumber Foto:Dok istimewa

 

Masa bunting hamster tidaklah lama. Setiap jenis hamster memiliki masa bunting yang berbeda-beda, mulai dari 18-22 hari. Mengingat masa buntingnya yang cepat, maka saat memelihara atau beternak hamster harus siap untuk merawat bayi hamster yang baru lahir dengan benar agar tidak keliru penanganannya. Berikut tata laksana perawatan bayi hamster yang baru lahir :

  • Jangan bersihkan kandang hamster pada 14 hari awal setelah kelahiran bayi hamster. Ini bertujuan untuk mengurangi kontak manusia dan bayi hamster/induknya. Sebab, jika bayi hamster sering kontak dengan manusia, maka potensi untuk stress, sakit dan mati menjadi lebih besar.
  • Anda hanya perlu memantau pertumbuhan bayi dan kesehatan indukannya setiap beberapa waktu. Ini bertujuan untuk memastikan kesehatan induk dan bayi tetap terjaga. Dilarang menyentuh bayi hamster, karena ini sangat berpotensi untuk menyebabkan stress pada bayi.
  • Jaga kenyamanan induk dan bayi. Salah satu kuncinya adalah dengan menjaga suhu ruangan agar tidak terlalu rendah/tinggi dari 21oC.
  • Beri makanan dan minuman secara teratur. Ini penting untuk Anda pantau asupan makanan dan minuman hamster. Pastikan juga hamster kecil bisa minum dengan menggunakan botol sipper.
  • Berikan bayi dan induk hamster pakan yang mengandung protein dan lemak tinggi. Ini bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka dan kondisi induk hamster, serta menunjang pertumbuhan bayi hamster.
  • Letakkan botol sipper dengan posisi rendah, agar hamster kecil juga bisa minum sendiri. Jangan letakkan mangkok makanan/minuman didalam kandang, agar anak hamster tidak masuk kedalam mangkuk.
  • Pisahkan hamster jantan dari indukan betina dan anak-anaknya. Pastikan indukan betina hamster dan anak-anaknya hanya berada didalam kandang yang terpisah dari hamster lain.
  • Ini bertujuan untuk mencegah gangguan hamster lain terhadap induk ataupun anak hamster. Selain itu, adanya hamster lain didalam kandang hamster yang baru melahirkan juga bisa menyebabkan indukan hamster strees.

Setelah proses perawatan bayi hamster setidaknya sebulan, bayi hamster busa mulai dijual. Pemilihan bibit hamster yang baik adalah bayi hamster yang lincah, warna bulu cerah, tidak tampak ada cacat fisik, berat badan sesuai, dan responsif terhadap makanan/minuman yang diberikan. Hanya dengan menjual bibit hamster yang berkualitas, maka keuntungan ternak hamster yang cukup besar bisa dinikmati secara bekerlanjutan.(234)

 

BERITA TERKAIT