Memilih Indukan Ayam Broiler

Kamis, 04 November 2021, 17:13 WIB

Meski peternakan ayam yang akan dilakukan hanya skala kecil, kita tetap harus memperhatikan pemilihan indukan sebelum beternak ayam broiler.. | Sumber Foto:Dok Istimewa

AGRONET --  Dibandingkan ayam kampung yang memiliki tekstur daging lebih keras, Ayam broiler lebih diminati karena tekstur dagingnya yang lembut dan memiliki daging yang tebal, meski kandungan gizinya tidak sebanyak ayam kampung. Banyak orang memilih ayam broiler untuk dipelihara karena proses pertumbuhannya yang sangat cepat, hanya 4 minggu. 

Produktivitas daging ayam broiler sangat tinggi. Dengan didukung masa panen yang relatif cepat yaitu 35-40 hari, banyak peternak mendapatkan keuntungan dengan memelihara ayam pedaging. Genetika yang berasal dari ayam ini dinilai sangat baik. 

Karena hasil persilangan tersebut dalam sistem yang berkelanjutan. Gen yang dihasilkan ayam pedaging memang baik dan berkualitas, namun jika tidak didukung dengan pakan dan lingkungan yang baik maka genetiknya pada akhirnya akan menurun kualitasnya.

Meski peternakan ayam yang akan dilakukan hanya skala kecil, kita tetap harus memperhatikan pemilihan indukan. Ada beberapa kriteria yang perlu diketahui untuk menentukan apakah ayam pedaging ini memiliki kualitas terbaik atau tidak. Beberapa kriteria indukan terbaik, baik jantan maupun betina, adalah:

  • Memiliki mata yang bulat dan cerah
  • Sisir pada ayam jantan terlihat segar dengan warna merah dan berkembang penuh
  • Tubuh panjang dan kokoh
  • Rambut terlihat kering, tua dan mudah patah
  • Anus terlihat agak pucat, lebar, basah dan bentuknya lonjong
  • Memiliki kaki yang kecil dan pucat
  • Untuk ayam jantan, ketika kemaluannya ditekan, mudah untuk menonjol
  • Penampilannya giras (gesit, lincah dan liar) terutama untuk ayam jantan

Seleksi calon induk bisa dilakukan dengan cara memilih ayam yang ukuran badannya seragam dan perbedaam umurnya tidak terlalu jauh. Umur calon induk betina maksimum 1 tahun dan minimum 6 bulan. Sementara calon induk jantan sebaiknya dipilih yang berumur antara 1 hingga 1,5 tahun. 

Ayam broiler bertelur saat berumur 8 bulan. Karena pada umur tersebut produktivitas ayam sudah baik. Ayam ini juga bisa menghasilkan 30 butir telur dalam satu periode. Ayam broiler biasanya tidak bisa mengerami telurnya, karena ayam ini bukan jenis ayam petelur melainkan jenis ayam pedaging. Cara membuat ayam pedaging cepat bertelur adalah dengan memberikan pakan yang berkualitas. Dengan pakan yang berkualitas, ayam broiler juga akan cepat bertelur.(432)

BERITA TERKAIT