Bu Better Solo, Sensasi Kelezatan Ayam Goreng yang Ngangeni

Minggu, 15 Agustus 2021, 12:34 WIB

Rasa Ayam Tim Goreng Bu Better memang "ngangeni" | Sumber Foto:Dok surakarta go id

AGRONET -- Setiap bersiap berkunjung ke Kota Solo, Mas Bagi selalu diingatkan istrinya agar tidak lupa membawa olahan ayam istimewa kesukaanya sebagai oleh-oleh pada saat nanti balik ke Jakarta. Pesanan oleh-oleh itu hanya ayam goreng, namanya Ayam Tim Goreng Dewi Sri Bu Better. Tapi tidak seperti ayam goreng yang biasa kita temui, ayam yang digunakan adalah ayam kampung yang melalui dua kali proses pengolahan sehingga membuat dagingnya sangat empuk dan bumbunya meresap sampai ke dalam.

Prosesnya, ayam kampung utuh terlebih dulu melalui proses tim, semacam dikukus, dengan bumbu-bumbu tertentu sebelum digoreng. Dengan proses ini, daging ayam kampung yang cenderung keras bisa menjadi sangat lembut. Bumbunya pun bisa meresap lebih maksimal sampai ke tulang-tulangnya, rasa dan tekstur dagingnya terasa lebih mantap. Proses pemasakan awal ini akan memunculkan citarasa ayam yang lebih kuat jika dibandingkan dengan ayam yang hanya diungkep dengan bumbu sebelum digoreng.

Rasa ayam tim ini memang "ngangeni". Oleh karena itu bagi yang pernah merasakannya, mereka bakal kembali menyantapnya. Ayam Tim Goreng Bu Better ini makin terasa sempurna ketika dipadukan dengan nasi putih hangat yang pulen, berikut sambal terasi dan lalapan segar sebagai pendamping. Di Ayam Tim Bu Better disediakan juga menu lain seperti sayur asem, tahu dan tempe bacem. 

Ayam baru digoreng setelah ada pesanan sehingga selalu tersaji dalam keadaan segar dan panas. Sepertinya ayam sengaja tidak digoreng terlalu lama agar dagingnya tidak mengeras dan sari-sari dagingnya tetap terjaga. Begitu dihidangkan, aroma ayam goreng yang sedap semakin menggugah selera makan dan membuat lidah makin tak sabar untuk menikmatannya. 

BERITA TERKAIT

Bahan baku boleh sama, tapi kepiawaian meracik resep itulah yang membedakan rasa setiap masakan. Kecakapan menjaga resep itu pula yang menjadi salah satu kiat sukses rumah makan Bu Better hingga bisa bertahan sampai hari ini. 

Boleh dibilang Ayam Tim Goreng Bu Better adalah salah satu kelezatan produk olahan tradisional. Kelezatannya sudah merasuki lidah wong Solo melewati dua bahkan tiga generasi. Namun tata kelola AYam Tim Goreng tetap dipertahankan. Selain sejumlah rempah yang dijadikan bumbu utama, cara memasak ayam tim sama sekali tidak berubah ketika resep ini dipakai oleh Bu Better pada 1969. Untuk mengukus ayam kampung, mereka hanya memakai kayu karet. Setiap bulan setidaknya membutuhkan dua truk kayu karet didatangkan untuk mengukus ayam tim. Butuh waktu sekitar 1-1,5 jam untuk mengukus ayam hingga empuk.

 

Penggemar  Ayam Tim Goreng Bu Better pun bukan hanya warga Solo dan sekitarnya. Banyak pelancong dari luar kota yang menjadikan Ayam Tim Goreng Bu Better sebagai target utama wisata kuliner ketika mereka mendarat di Solo. Tak perlu khawatir citarasanya akan berkurang karena proses pemasakan yang sempurna bisa membuat rasa ayam goreng istimewa ini bertahan lama, meskipun dalam kondisi dingin.

Ayam Tim Goreng Bu Better dapat Anda temukan di sebelah timur palang kereta api Palur, tepatnya di Jl. Raya Solo-Tawangmangu, Palur, Karanganyar, Solo. Atau cabangnya di Jl. Yosodipuro Ruko II No.135, Mangkubumen Solo. Ayam Tim Bu Better buka sejak pagi hingga malam hari, setiap harinya.(234)

BERITA TERKAIT