Si Manis, Oranye, dan Tahan Lama “Jeruk Daysindo Agrihorti”

Rabu, 15 Desember 2021, 21:03 WIB

Jeruk Daysindo Agrihorti | Sumber Foto:Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtr

AGRONET – Pandemi Covid-19 yang beragsur mengilang, tak berarti kita abay dalam mengkonsumsi makanan sehat.  Konsumsi jeruk dengan rutin berfungsi menjaga daya tahan tubuh.

Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi bagi kesehatan. Antioksidan dalam vitamin C berfungsi untuk membantu mencegah kerusakan sel akibat molekul radikal bebas.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah-buahan salah satunya jeruk dapat memberikan perlindungan lebih tinggi terhadap bahaya kanker.  Salah satu upaya untuk mensubstitusi jeruk impor adalah dengan penyediaan varietas unggul baru yang mempunyai potensi untuk dikembangkan.

Adanya varietas unggul diharapkan mampu menarik petani dan pelaku agribisnis lainnya untuk mengembangkan sekaligus menarik konsumen untuk mengkonsumsi jeruk nusantara. Tahun 2021 Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) merilis varietas baru jeruk keprok ‘Daysindo Agrihorti’ dengan Keputusan Menteri Pertanian nomor 764/kpts/PV.240/D/11/2021.

Jeruk ini memiliki ciri tekstur buah halus, kerapatan pori sedang dan buah masak berwarna oranye. Daysindo memiliki rasa yang manis segar dengan brix mencapai 15 – 16 0. Berat buahnya 177 – 280 gram dengan daya simpan 40 – 45 hari. Buah ini adaptif dikembangkan di dataran tinggi.

Dengan dirilisnya varietas ini diharapkan mampu dikembangkan  masyarkat sesuai dengan agroklimatnya. Karena selain sebagai buah konsumsi, jeruk memiliki berbagai manfaat yang dibutuhkan tubuh.

 

Sumber : Info Teknologi Litbang Pertanian Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika