Jeruk Sambal Sari Agrihorti

Selasa, 23 Pebruari 2021, 10:25 WIB

Sari Agrihorti dikenal dengan jeruk sambal karena banyak digunakan sebagai bahan untuk menambah rasa dalam membuat sambal. | Sumber Foto:Dok Kementan

AGRONET -- Siapa tidak suka dengan jeruk? Buah dengan rasa asam dan segar ini  kaya akan vitamin C yang tinggi. Selain sering dibuat sebagai jus segar, jeruk juga kerap dimanfaatkan untuk keperluan memasak. Jeruk-digunakan untuk membuat rasa makanan agar terasa lebih segar, misalnya pada sambal atau makanan berkuah seperti soto. 

Sari Agrihorti, buah yang resmi dirilis Kementerian Pertanian tahun 2015 ini merupakan salah satu jeruk fungsional atau jenis jeruk yang dapat dimanfaatkan sebagai olahan maupun bahan baku industri. Jeruk fungsional secara umum mempunyai keberagaman baik bentuk, rasa, maupun kandungan air, vitamin C serta kemanfaatannya. 

Jeruk ini sudah banyak dimanfaatkan masyarakat untuk masakan.  Sari Agrihorti dikenal dengan jeruk sambal karena banyak digunakan sebagai bahan untuk menambah rasa dalam membuat sambal.

Buah dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) ini berciri utama ukuran buah kecil dan bentuk buah gepeng dengan keunggulan produksi buah tinggi. Sari agrihorti berbuah sepanjang tahun dan daya simpan lama dengan warna daging buah kekuningan.

Sari Agrihorti memiliki kandungan air 90-91%; kandungan jus 55-59 %, kadar gula 9-110 brix dan kadar asam 2,17?n kandungan vitamin C 26,5 mg/100 g.

Saat ini jeruk fungsional juga telah dimanfaatkan pula sebagai bahan baku industri farmaka. Kandungan vitamin dan antioksidannya dapat memberikan perlindungan dari molekul radikal bebas penyebab berbagai penyakit ‘berbahaya’ seperti kanker, hipertensi, serangan jantung dan diabetes.(234)