Kombat, Komunitas Pecinta Musang Bojonegoro

Selasa, 21 Mei 2019, 11:13 WIB

Sejumlah anggota Keluarga Owner Musang Bojonegoro (Kombat) berkumpul di Taman Rajekwesi Bojonegoro. | Sumber Foto:Dok Beritabojonegoro.com

Setiap malam minggu, di seputarTaman Rajekwesi yang terletak di Jalan Rajekwesi Bojonegoro, tampak perkumpulan anak-anak millennial, bercengkerama dengan beberapa binatang. Sejumlah anak yang mengaku dari komunitas Keluarga Owner Musang Bojonegoro (Kombat) berkumpul di tempat tersebut, sambil membawa hewan piaraannya yaitu musang dan sejenisnya.

Salah seorang anggota Kombat, Angga Rahmadinata, menuturkan , Kombat beranggotakan 45 orang anak-anak millennial, pecinta binatang musang dan sejenisnya. Setiap malam minggu mereka kumpul-kumpul di Taman Rajekwesi, sementara untuk minggu pagi, mereka berkumpul di area CFD, di seputaran Alun-alun Bojonegoro, dengan membawa binatang musang masing-masing.

“Kegiatan ini untuk kesenangan dan memperkenalkan kepada masyarakat bahwa hewan musang dan sejenisnya bisa dipelihara di rumah seperti kucing maupun anjing.” tutur Angga.  Kombat berdiri sejak tahun 2014, salah satu tujuan komunitas tersebut dibentuk adalah untuk mengajarkan kepada anak-anak agar cinta  binatang.

"Kita memberi mereka makanan buah buahan dan nutrisi vitamin, untuk menjaga kesehatan hewan," tutur Angga .  Terdapat banyak jenis musang,  ada musang rase, bulan, akar, pandan dan lain lain,. Yang paling banyak di Bojonegoro  adalah jenis musang pandan.

"Teman teman beternak musang ini sebagian untuk dilepas lagi ke habitatnya untuk menjaga ekosistem, dan sebagian dipelihara untuk kontes," pungkasnya.(Beritabojonegoro/ 234)

BERITA TERKAIT