Kopi Biji Pepaya, Non Kafein Pembersih Racun dan Kolesterol

Senin, 30 Desember 2019, 20:20 WIB

Tak banyak orang melirik khasiat baik dari biji buah pepaya yang ternyata punya segudang manfaat. | Sumber Foto:Dok Agronet

AGRONET -- Banyak orang suka buah pepaya karena rasanya yang manis dan bisa melancarkan pencernaan. Sayangnya, tak banyak orang melirik khasiat baik dari biji buah pepaya yang ternyata punya segudang manfaat. Salah-satunya, untuk menyingkirkan racun-racun yang menumpuk di usus dan lever kita. 

Ekstrak biji pepaya bahkan mampu melindungi ginjal dari racun yang memicu problem gagal ginjal. Biji pepaya juga mampu membunuh parasit dalam bersarang dalam pencernaan. Biji pepaya juga mengandung zat antikolesterol yang hebat. Senyawa yang terdapat dalam biji pepaya antara lain tanin, fenol, saponin, dan alkaloid bermanfaat sebagai antidiare.  Ada pula senyawa yang baik untuk kesehatan, yaitu Ca, Mg, Fe, P, lemak, protein, serat kasar, karbohidrat, vitamin C, niasin, tiamina, riboflavin, dan beta karotena.

Ekstrak biji pepaya ini memiliki kandungan alkaloid, flavonoid, tanin, saponi anthraquinones, dan anthocyanosides. Dengan adanya kandungan ekstrak tersebut, biji pepaya ini mempunyai efek hipolipidemia dan antioksidan alami dalam darah yang luar biasa karena adanya kandungan etanol, petroleum eter, etil asetat, dan n-butanol.  Hal ini teruji dalam penelitian mengenai jus biji buah pepaya , secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol dan LDL (lipoprotein densitas rendah), serta meningkatkan kadar HDL.

Efek hipolipidemia ini, sangat berguna bagi terapi alternatif hiperlipidemia yang disebabkan adanya lemak nabati atau kolesterol dalam jumlah terlalu tinggi. Adapun, saponin yang ada dalam biji pepaya , bermanfaat untuk menurunkan aktifitas kolesterol serum seperti aksi resin, yaitu dengan mengurangi sirkulasi enterohepatik asam empedu.  

Melalui penghambatan reaksi oksidasi kolesterol LDL, pepaya dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Kandungan Fitokimia memiliki peran aktif bagi pencegahan penyakit. Sementara Flavonoid merupakan antioksidan yang dapat menangkap radikal bebas.

Ada dua cara mengkonsumsi biji pepaya yang menyehatkan . Pertama, biji pepaya diblender dan disajikan seperti membuat jus. Kedua, dengan mengeringkannya, dan meblendernya, sebelum kemudian menyeduhnya seperti menyeduh kopi

Berikut langkah yang dilakukan untuk membuat kopi biji pepaya:

1. Cuci biji pepaya , lantas jemur 2-3 hari.
2. Setelah kering, blender/tumbuk biji pepaya tersebut hingga jadi serbuk.
3. Ambil satu sendok teh serbuk dan campur dengan satu gelas air hangat. Bisa dicampurkan dengan madu atau sedikit gula agar rasanya lebih nikmat. (Atau bisa dibuat Jus langsung campur daging buah pepaya dengan bijinya dan minum 1-2 gelas jus biji pepaya tersebut setiap hari).

Kopi biji pepaya dapat disajikan secara praktis menjadi kopi celup tinggal seduh. Produk minuman dari bubuk biji pepaya bisa menjadi salah satu alternatif pengganti kopi tanpa kafein dan memberi banyak manfaat.(234)