Pengamat: Program Tiga Kali Ekspor Pertanian Realistis

Selasa, 21 Januari 2020, 08:52 WIB

Mentan Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor komoditas pertanian di Surabaya. | Sumber Foto:Humas Kementan

AGRONET -- Target tiga kali ekspor selama lima tahun ke depan yang dicanangkan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo merupakan program realistis. Hal itu dikemukakan pengamat pertanian Universitas Nasional IGS, Sukartono, Senin (20/1).

"Amat mungkin dapat terwujud. Kita semua mengetahui potensi sumber daya pertanian Indonesia begitu banyak yang bisa dikelola dengan baik untuk berkompetisi di pasar internasional," ujar Sukartono.

Ia menjelaskan, arah program tiga kali ekspor bakal memacu kapasitas produksi pertanian nasional sehingga meningkat. Di samping itu ikut memenuhi stok pangan domestik.

Sebelumnya, Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan telah menyusun program kerja Gratieks (Gerakan Tiga Kali Ekspor) untuk dapat terwujud lima tahun ke depan. Ia pun meminta agar para eksportir pertanian dapat turut mendukung terealisasinya program Gratieks sehingga komoditas pangan nasional dapat berdaya saing di dunia.

Syahrul juga menilai melalui Gratieks akan membuat potensi pertanian dikelola optimal sehingga mampu menurunkan tingkat importasi pangan. (591)