Rempah Penangkal Virus Corona

Rabu, 04 Maret 2020, 10:15 WIB

Rempah-rempah asli Indonesia diyakini dapat menangkal virus corona Covid-19. | Sumber Foto:Dok Agronet

 AGRONET -- Virus Corona  sudah mulai masuk ke Indonesia. Senin (2/3) kemarin di Istana Merdeka, Jakarta, Presiden Joko Widodo  dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan bahwa dua orang warga negara Indonesia dinyatakan positif virus Corona. 

Virus yang merebak sejak pertengahan Januari 2020 lalu hingga kini memang menjadi kekhawatiran banyak khalayak. Bukan tanpa alasan, virus Corona telah banyak menelan korban jiwa. Bahkan anti-virus nya pun masih dipertanyakan hingga kini. Terlebih dengan semakin meluasnya penyebaran virus Corona atau Covid-19. 

Di tengah ramainya seluruh dunia mencari obat untuk Virus Corona, baru-baru ini Universitas Airlangga menyampaikan hasil riset mereka terkait penangkal virus tersebut. Hasil dari riset  Universitas Airlangga menyatakan bahwa sari rempah-rempah atau curcuma asli Indonesia dipercaya dapat menangkal virus corona Covid-19.

Masyarakat diimbau tak perlu khawatir berlebihan. Salah satu guru besar biologi molekular dari Universitas tersebut, Prof. C.A. Nidom, berpesan kepada masyarakat Indonesia untuk dapat mengonsumsi rempah-rempah asli Indonesia untuk menangkal virus corona.

"Rempah-rempah itu biasa kita sebutnya mpon-mpon seperti jahe, temulawak, kunyit, kayu manis, dan sebagainya. Rempah-rempah itu diharapkan dapat mengendalikan sitokin (sel yang keluar akibat terkena virus) agar tubuh tidak terinfeksi," jelasnya.

Beberapa tanaman tersebut  secara turun-temurun telah dikenal luas oleh masyarakat, berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh: 

Jahe

Salah satu sari rempah-rempah yang disebutkan oleh Guru Besar Unair tersebut ialah jahe. Rempah asli Indonesia ini diyakini mampu menangkal virus Corona. Masyarakat dapat mengonsumsi jahe dengan olahan makanan atau minuman. Prof Nidom mengatakan bahwa formulasi yang dibuat tidak jauh berbeda dengan pengunaan curcumin sehari-hari.

Kunyit

Selain jahe, rempah yang bisa disebut mampu menangkal virus Corona adalah kunyit. Herbal ini juga mengandung kurkumin. Kurkumin merupakan komponen penting dalam kunyit yang memberikan warna kuning yang khas. Kunyit memang dikenal memiliki kandungan kurkumin yang telah lama dipercaya mampu menyembuhkan maag, perut kembung hingga nyeri haid. Kurkumin yang terkandung dalam kunyit juga diyakini mampu meningkatkan antibodi dan menguatkan sel-sel tubuh.

Temulawak

Prof Nidom meyakini jika virus Corona masih satu kingdom dengan influenza yang bisa ditangkal dengan kandungan kurkumin. Rempah lainnya yang juga mengandung kurkumin ialah temulawak. Masyarakat Indonesia tentunya juga sudah tak asing dengan rempah satu ini. Temulawak mengandung kurkumin 1,60 % - 2,20 %. Selain kurkumin, temulawak juga mengandung nutrisi lain seperti serat, vitamin, karbohidrat, kalsium dan banyak lagi.

Temulawak juga dapat meningkatkan nafsu makan, antioksidan, atasi mual hingga membantu proses metabolisme tubuh. Hal tersebutlah yang membuat Guru Besar Biologi Molekuler Unair Chaerul Anwar Nidom mengatakan jika temulawak dapat membantu menangkal virus Corona.

Serai

Serai juga merupakan rempah yang memiliki segudang manfaat. Aroma serai mampu membuat masakan semakin nikmat, menenangkan pikiran, hingga mengusir nyamuk. Sifat diuretik serai juga mampu membuang racun dan bahan kimia yang tidak diperlukan tubuh. Serai juga kerap digunakan untuk mengobati sakit seperti demam, pilek dan batuk, serta gangguan saluran pernapasan lainnya. Vitamin C dan flavonoid dalam serai juga melindungi tubuh dari radikal bebas

 Kayu Manis

Rempah yang mampu menambah kelezatan makanan dan minuman ini juga konon ampuh mencegah virus corona. Selain rasanya, kayu manis juga bisa dimanfaatkan kandungannya sebagai obat diabetes. Aroma kayu manis juga mampu hilangkan bau mulut.

Sama dengan rempah-rempah di atas, kayu manis memiliki kandungan antioksidan yang kuat. Sehingga kayu manis bisa membantu melawan peradangan bahkan menurunkan kolesterol.(234)