Aneka Jenis Sayur Masuk Waisai, Pejabat Karantina Pertanian Siaga Pengawasan

Senin, 28 Februari 2022, 17:03 WIB

Aneka Jenis Sayur Masuk Waisai, Pejabat Karantina Pertanian Siaga Pengawasan | Sumber Foto:KPS

AGRONET -- Kabupaten Raja Ampat merupakan salah satu kabupaten yang ada di Papua Barat. Beribukota kabupaten di Waisai, kabupaten kepulauan ini dapat di tempuh dalam waktu 2 jam jika melalui jalur laut. Akses menuju Waisai dari kota Sorong adalah melalui Pelabuhan Rakyat atau dikenal dengan Pelra. Beragam komoditas pertaniana baik hewan maupun tumbuhan kerap diangkut melalui Pelabuhan ini.
Demi memastikan bahwa komoditas pertanian yang masuk ke wilayah raja ampat bebas dari organisme pengganggu tumbuhan karantina ( OPTK), maka pejabat karantina rutin melakukan pengawasan saat kapal sandar di pelabuhan Waisai. Seperti yang tampak pada Senin 28 Februari 2022. Pejabat Karantina Pertanian wilayah kerja Raja Ampat, Afian Aziz melakukan pengawasan terhadap kapal Express Bahari yang baru saja tiba dari Sorong. Beragam komoditas pertanian tampak mulai diturunkan dari dalam kapal
" Hari ini komoditas yang masuk cukup beragam. Kebanyakan merupaka komoditas tumbuhan seperti sawi, kentang, wortel, tomat dan bawang - bawangan. Kami lakukan pemeriksaan untuk memastikan sayur mayur ini bebas OPTk dan tentunya aman dikonsumsi" ujar Afian.
SobatQ, hampir setiap harinya kapal masuk ke pelabuhan Waisai. Dan tiap kali itu pula pejabat karantina pertanian hadir untuk melakukan pengawasan terhadap komoditas hewan maupun tumbuhan yang dilalulintaskan. Mencegah masuk dan menyebarnya OPTK dan HPHK merupakan tugas utama kami. Pastikan lapor karantina sebelum melalulintaskan hewan dan tumbuhan.(Lin/22)

 

Sumber:

KARANTINA SORONG