Dongkrak Popularitas UMKM Berorientasi Ekspor

Senin, 05 September 2022, 02:01 WIB

Pemberdayaan UMKM Berorientasi Ekspor Dalam Meningkatkan Devisa Hasil Ekspor. | Sumber Foto:Karantina Sorong

AGRONET -- Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) perlu terus didongkrak popularitasnya agar mampu mencakup pasar global.  Karantina Pertanian Sorong memenuhi undangan acara Sosialisasi UMKM yang diadakan oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) TMP C Sorong, Rabu (31/08). Acara yang dihadiri oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ini membahas mengenai Pemberdayaan UMKM Berorientasi Ekspor Dalam Meningkatkan Devisa Hasil Ekspor.

Karantina Pertanian Sorong yang memberikan layanan ekspor produk pertanian sangat mendukung sosialisasi ini. I Wayan Kertanegara selaku Kepala Karantina Pertanian Sorong juga memberikan penjelasan mengenai persyaratan karantina untuk ekspor produk pertanian.

“Selama ini ekspor produk pertanian melalui wilayah Sorong masih dalam jumlah kecil, besar harapan kami setelah adanya sosialisasi ini dapat membangkitkan minat para pelaku usaha untuk melakukan ekspor produk pertanian dalam jumlah besar,” ujar I Wayan.

Acara berlangsung di aula KPPBC TMP C Sorong, beberapa instansi terkait juga berkesempatan memberikan materi yang berkaitan dengan sosialisasi. Instansi tersebut yaitu Kantor Pelayanan Pajak Sorong, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sorong, Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Sorong, dan Bank Indonesia Papua Barat.

Sumber :
Karantina Pertanian Sorong