Upaya ini dilakukan dengan cara pengolahan tanah dengan traktor serta penggantian varietas unggul baru.

Metode Modern Farm Jadi Strategi PT RMI-Mitr Phol untuk Tebu

Rabu, 03 April 2024, 11:35 WIB

Proses metode Modern Farm yang dilakukan PT RMI-Mitr Phol. | Sumber Foto:Dok. RMI-Mitr Phol

AGRONET – Teknologi metode Modern Farm menjadi strategi yang diusung PT Rejoso Manis Indo (RMI)-Mitr Phol untuk mendongkrak produktivitas tanaman tebu. Metode diharapkan mampu menaikkan produktivitas tanaman pemanis yang dinilai mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

Menurut data perusahaan, produktivitas tanaman tebu di Jawa pada 2023 sebesar 4,75 ton per hektare. Sedangkan untuk lingkup Jawa Timur, produktivitas itu mencapai 4,97 ton per hektare pada tahun yang sama. Namun, dari tahun ke tahun angka tersebut mencatatkan penurunan.

Untuk menangkis kecenderungan angka yang menurun itu, PT RMI-Mitr Phol gencar melakukan sosialisasi budidaya tebu dengan menggunakan metode metode Modern Farm kepada petani tebu. Upaya ini dilakukan dengan cara pengolahan tanah dengan traktor serta penggantian varietas unggul baru.

“ Upaya pengembangan teknologi budidaya tebu dengan metode Modern Farm terus menerus diupayakan untukmeningkatkan efektivitas tenaga kerja dan peningkatan produktifitas,” ujar Vice President Cane Supply  PT RMI-Mitr Phol, Padipat Namkhet, dalam keterangan tertulis kepada Agronet, Rabu (3/4/2024). “Ini harus dilakukan karena tenaga kerja di sektor pertanian semakin berkurang,” katanya menambahkan. (yen)