Pemenuhan Pangan Keluarga, Polbangtan Kementan dan LIRA Optimalkan Pekarangan

Minggu, 04 Februari 2024, 10:25 WIB

Perempuan Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Papua Barat, mengunjungi Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari, | Sumber Foto:Polbangtan Manokwari

AGRONET -- Rombongan organisasi Perempuan Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Papua Barat, mengunjungi Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari, Sabtu (03/02/2024).

Kunjungan dilakukan dalam rangka mempelajari pemanfaatan lahan pekarangan untuk pemenuhan pangan rumah tangga,.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa potensi lahan pekarangan yang ada di Indonesia mencapai 10,3 juta hektar. Bila lahan tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal, dirinya optimistis dapat menyelesaikan permasalahan kenaikan harga beberapa komoditas.

“Kementerian Pertanian telah berupaya melakukan optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Ini merupakan sebuah konsep lingkungan perumahan penduduk yang secara bersama-sama mengusahakan pekarangannya secara intensif untuk dimanfaatkan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan dengan mempertimbangkan aspek potensi wilayah dan kebutuhan gizi warga setempat,” jelas Amran.

Senada dengan Mentan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan banyak hal yang dapat dilakukan dalam pemanfaatan lahan kosong/pekarangan, salah satunya dengan menanam sayuran maupun buah-buahan.

"Manfaatkan semua limbah rumah tangga untuk diolah menjadi pupuk organik,kemudian aplikasikan pada tanaman yang ada di pekarangan," kata Dedi

Dalam kunjungannya, LIRA mempelajari secara langsung pemanfatan lahan pekarangan dengan mengamati secara langsung taman belajar mahasiswa yang dikelilingi dengan berbagai jenis tanaman, penggunaan Hidroponik, green house dan screenhouse.

Ketua DPW LIRA, Hayati Mansur mengucapkan banyak terimakasih atas kesempatannya dapat berkunjung ke Polbangtan Manokwari dalam rangka pemberdayaan perempuan-perempuan dalam menambah wawasan, pengetahuan, dan keterampilan dibidang pertanian agar dapat berkontribusi memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan keluarga.

Hayati menjelaskan bahwa organisasi yang dijalankan 80 persen terdiri dari ibu rumah tangga dan memiliki program kerja pemberdayaan yang didalamnya mencangkup suatu bidang pertanian dan sumber daya alam.

“Kegiatan hari ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya berupa kegiatan ‘Bimbingan Teknis’ dengan mengundang dosen Polbangtan Manokwari Indrawati dan Sritiasni untuk memberikan motivasi kepada ibu rumah tangga,” ungkapnya.

“Dari kegiatan ini diharapkan agar setiap anggota dapat memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam sayur-sayuran dan memanfaatkan limbah rumah tangga yang sering diproduksi sebagai pupuk organik. Dan hari ini kami jumpai berbagai varietas tanaman organik yang ada di Polbangtan manokwari,”tambah Hayati

Semangat untuk memanfaatkan lahan pekarangan, Polbangtan Manokwari memberikan dukungan secara maksimal dengan menyalurkan 150 bibit tanaman cabai kepada 50 anggota organisasi yang berkunjung.

Direktur Polbangtan Manokwari, Purwanta mengatakan dengan adanya sinergi yang terjalin dengan organisasi Perempuan LIRA diharapkan dapat mempercepat optimalisasi pemanfaat lahan pekarangan baik diwilayah pedesaan maupun perkotaan untuk memproduksi kebutuhan pangan keluarga.

 

Sumber :

Kementerian Pertanian