Metode modern farm ini disosialisasikan PT Rejoso Manis Indo (RMI)-Mitr Phol.

Double Row System, Modern Farm untuk Dongkrak Produktivitas Tebu

Kamis, 04 April 2024, 16:56 WIB

Metode juring ganda | Sumber Foto:Dok. RMI-Mitr Phol

AGRONET – Double Row System atau juring ganda diyakini menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan produktivitas lahan tebu. Metode modern farm ini disosialisasikan PT Rejoso Manis Indo (RMI)-Mitr Phol. Perusahaan juga melakukan sosialisasi penggunaan pupuk dan bibit tebu varietas unggul.

“Sistem double row atau juring ganda memungkinkan penggunaan traktor untuk pemeliharaan tanaman tebu. Maka populasi tanaman akan bertambah sehingga produksi tebu bertambah, “ kata Vice President Cane Supply PT RMI - Mitr Phol, Padipat Namkhet, saat acara sosialisasi bersama petani di Gondang Legi, Malang,  Kamis (4/4/2024).

Model teknologi budidaya tanaman tebu sudah banyak dilakukan, misalnya sistem Reynoso di lahan sawah dan sistem budidaya tanaman tebu di lahan kering. Namun, sulitnya tenaga kerja di sektor pertanian mendorong lahirnya metode yang mengkombinasikan penggunaan traktor dan memperbanyak populasi tanaman yang hidup sampai tertebang untuk digiling.

Sistem juring ganda ini ternyata membuat populasi tanaman tebu bertambah banyak. Sistem ini dilakukan dengan menjaga jarak dari pusat ke pusat (PKP) tanaman tebu selebar 1,85 meter. Jarak ini memungkinkan traktor besar dan kecil bekerja untuk melakukan penanaman, pemeliharaan, pemupukan, serta kegiatan klentek tebu. (yen)